Kamis, 12 Mei 2022 13:04

Pemkab Gowa Rancang Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kamsina
Kamsina

Aplikasi SIMTARU akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa.

GOWA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membuat Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) Kabupaten Gowa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina saat membuka Seminar Awal Pembuatan SIMTARU Kabupaten Gowa menyambut baik inisiasi Dinas PUPR Kabupaten Gowa membuat aplikasi ini. Dirinya mengatakan bahwa aplikasi ini sangat dibutuhkan di era saat ini. Apalagi menurutnya saat ini meruapkan era keterbukaan informasi.

“Seiring dengan pemahaman masyarakat tentang penataan ruang, penataan ruang keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi. Maka tentu penyajian informasi yang berkaitan penataan ruang semakin meningkat,” ujarnya.

Baca Juga : Peserta BPJS Kesehatan di Gowa Capai 90,55 Persen

Lanjut Kamsina, kehadiran Aplikasi SIMTARU berbasis webgis sebagai upaya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan tata ruang yang efektif dan efisien berdasarkan keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat.

Dirinya menjelaskan bahwa aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa. Sehingga keberadaan aplikasi ini dapat digunakan dalam penyelenggaraan penataan ruang yang mengakomodir peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan berkualitas.

 

“Akses informasi ini akan mudah diakses bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa tanpa bertemu langsung,” tandasnya.

Baca Juga : Bupati Ajak ASN Pemkab Gowa Ikuti Perkembangan Zaman

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin mengatakan bahwa tujuan aplikasi ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan pengendalian pemanfaatan ruang,

Sponsored by MGID

Kemudian terwujudnya sistem informasi tata ruang yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat dan dunia usaha. Terakhir tersedianya layanan pengaduan berbasis online terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang.

“Aplikasi SIMTARU ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Insya Allah sudah bisa diakses pada bulan Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” ujarnya.

Baca Juga : Gebyar Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Siapkan Doorprize Puluhan Sepeda Motor

Dirinya menyebutkan beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini yaitu Home Page, Halaman yang ditampilkan ketika pertama kali visitor mengakses website SIMTARU Kabupaten Gowa.

Profil, yang menampilkan informasi Visi dan Misi SIMTARU Kabupaten Gowa, Regulasi, menampilkan daftar file-file regulasi yang berkaitan dengan tata ruang Kabupaten Gowa.

Kemudian fitur Pengaduan dan Rekomendasi, Halaman ini berisi form untuk pengunjung mengadukan setiap  pelanggaran tata ruang dan merekomendasikan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa. Fitur Peta yang menampilkan informasi tata ruang Kabupaten Gowa dalam tampilan peta.

Baca Juga : Gowa Capai 96,31 Persen Imunisasi Dasar Lengkap

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin, perwakilan SKPD dan Camat Se-Kabupaten Gowa.

#Pemkab Gowa #Kamsina #Aplikasi