Selasa, 10 Mei 2022 21:02

Workshop Jurnalis Ekonomi Makassar, Tekankan Pentingnya Digitalisasi UMKM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jurnalis Ekonomi Makassar (JEM) menggelar halalbihalal dan workshop ekonomi di Nipah Park, Kota Makassar, Selasa (10/5/2022).
Jurnalis Ekonomi Makassar (JEM) menggelar halalbihalal dan workshop ekonomi di Nipah Park, Kota Makassar, Selasa (10/5/2022).

"Khusus di sektor jasa apalagi di masa pandemi memang sangat berpengaruh. Makanya sangat dibutuhkan digitalisasi, baik dari segi pemasaran maupun manajemen," ujar Andi Rudini, salah satu pemateri.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jurnalis Ekonomi Makassar (JEM) menggelar halalbihalal dan workshop ekonomi di Nipah Park, Kota Makassar, Selasa (10/5/2022).

Mengusung tema Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri andal, yakni Head of Research and Development Globallink, Andi Rudini, Vice Branch Manager PT Solid Gold Berjangka, Makassar Andi Andriawan, dan General Manager PT Berkah Bersama Gemilang, Fika Kurniawaty.

Andi Rudini dalam materinya menjelaskan perlunya dilakukan digitalisasi UMKM. "Khusus di sektor jasa apalagi di masa pandemi memang sangat berpengaruh. Makanya sangat dibutuhkan digitalisasi, baik dari segi pemasaran maupun manajemen," ujarnya.

Baca Juga : Melalui Aplikasi Omnix Commerce Telkom Bantu UMKM Kelola Sistem Marketplace

Sejalan dengan itu, Fika Kurniawaty membenarkan pentingnya digitalisasi sebab perubahan masyarakat terus terjadi. "Saya pernah bertanya kepada salah satu pengusaha, kenapa tidak menggunakan metode pembayaran e-money, jawabannya karena takut kasir menipu, padahal kita seharusnya menyesuaikan perkembangan masyarakat," ungkapnya.

Sementara, Andi Andriawan menjelaskan, khusus di bisnis perdagangan, digitalisasi menjadi yang utama. "Dari sisi perdagangan, yang diperlukan update dan upgrade sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, dan alhamdulillah peningkatan luar biasa," tuturnya.

Kegiatan ini lebih menarik dengan penampilan magician Makassar Mr. Kamzar. Kegiatan ini disponsori Kalla Toyota, PT Pegadaian Makassar, PT Solid Gold Berjangka Makassar, Globallink, Hotel Aryaduta Makassar, Hinet, Hotel The Rinra Makassar, Hotel Claro Makassar, Hotel Gammara, Hotel Ibis Makassar City Center, Arbor Biz Hotel, Benhard Bagus Bersama, Mecnesia, Pabalu Barakka, Vape Campus Coffee, Campus Coffe, Chocolicious, UMKM Hunt, Novotel Makassar, dan Swiss-Belinn Panakkukang. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#Jurnalis Ekonomi Makassar #umkm