Rabu, 11 Mei 2022 17:36

Bupati Wajo Buka Kegiatan TMMD Ke-113 Tahun 2022

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, H. Amran Mahmud (tengah)
Bupati Wajo, H. Amran Mahmud (tengah)

TMMD ke-113 TA. 2022 menghubungkan antara Desa Abbanuange dengan Desa Mattirowalie Kec. Maniangpajo dengan jarak kurang lebih 2.000 meter

RAKYATKU.COM, WAJO - Bupati Wajo, H. Amran Mahmud membuka secara resmi acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TA. 2022 bertempat di Aula Kec. Maniangpajo Kab. Wajo, Rabu, (11/5/2022)

Acara TNI Manunggal membangun Desa ke-113 TA 2022 mengusung tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri".

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasrem 141/Tp Kolonel Arh Elfis Rudi M.M, Kasiter Kasrem 141/Tp Kolonel Arm Iwan Aprianto, S.I.P Dandim 1406/Wajo Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, SE., Wakil Bupati Wajo H. Amran, Kapolres Wajo AKBP Muhammad Islam, Kasi Datun Kejaksaaan Wajo Para OPD se Kab. Wajo, Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 1406/Wajo, Drs. Jalil Ar-Rahman Camat Kec. Maniang Pajo, Para Kepala Desa/Lurah Se Kecamatan Maniangpajo serta Tamu Undangan.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus IKA SMA Negeri 4 Wajo, Ini Pesan Amran Mahmud

Kegiatan diawali dengan laporan Kegiatan Pelaksanaan TMMD oleh Dandim 1406/Wajo selaku Dansatgas TMMD ke-113 TA. 2022 Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata.

Adapuan Amanat Komandan Korem 141/Tp yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 141/Tp Kolonel Arh Elphis Rudy, S.E.,M.M.,M.Sc., M.S.S., yang intinya Kegiatan TMMD ini merupakan program kerja sama yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda dan masyarakat yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan TMMD ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan agar dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, membangun persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesadaran Bela Negara dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga : Disambut Ratusan Masyarakat, Duo Amran Resmikan Jembatan Soreang Lopie

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Wajo ini, adalah berupa pembangunan fisik, sarana dan prasarana kebutuhan yang secara langsung mengatasi kesulitan masyarakat Kabupaten Wajo sebagaimana yang akan kita laksanakan sekarang ini adalah Perintisan jalan sepanjang 2000 M, Pembuatan Talut sepanjang 2000 M, Pembuatan Duikker satu Unit semuannya di Desa Ambbanuangnge Kec. Maniangpajo Kab. Wajo. Jika jalan Talut dan Duikker ini dapat diselesaikan sesuai rencana maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dengan adanya akses jalan ini kegiatan perekonomian masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien karena jalur distribusi Logistik menjadi lebih pendek, aman dan lancar

Sedangkan untuk kegiatan Non fisik yaitu berupa Penyuluhan Wasbang dan bela negara, Penyuluhan Bahaya Stunting pada anak, Penyuluhan Protokol Kesehatan, Pembagian sembako, Pelayanan Posyandu, Sosialisasi Pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM), Pengobatan Massal, Pelayanan KB Kesehatan dan Donor darah, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat dan juga untuk meningkatkan Wawasan Kebangsaan, Sipakatau, Sipaikainge, Sipakalebbi, Toleransi dan rasa cinta Tanah Air

Bupati Wajo dalam amanatnya menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ke-113 TA. 2022 menghubungkan antara Desa Abbanuange dengan Desa Mattirowalie Kec. Maniangpajo dengan jarak kurang lebih 2.000 meter dengan sasaran pengerasan jalan, pembuatan talut dan 1 unit deker, diharapkan kepada masyarakat setempat agar ikut serta dalam program pembangunan jalan. Kedepan setelah dibangunkan jalan tersebut perekonomian masyarakat baik Desa Abbanuange dan Desa Mattirowalie dapat berkembang dan lebih meningkat.

Baca Juga : Pameran Karya Sekolah Penggerak, Bupati Wajo Dorong Anak Bisa Kreatif Belajar Sendiri

Diakhir amanat Bupati Wajo secara resmi membuka kegiatan TMMD ke-113 Kodim 1406/Wajo di Kec. Maniangpajo, Kab. Wajo Sulawesi Selatan. Kemudian disertai dengan Penandatanganan naskah berita acara kegiatan TMMD dan Penyematan tanda peserta serta penyerahan toolkit secara simbolis.

Kegiatan TNI Manunggal membangun Desa ke-113 TA. 2022 berlangsung selama 30 hari, dari Rabu, (11/5/2022) sampai Rabu, (9/6/2022) dengan Sasaran fisik pekerjaan TMMD ke-113 TA. 2022 Kodim 1406/Wajo, yaitu :

- Perintisan jalan sepanjang 2000 M

Baca Juga : Hadiri Tasyakuran Predikat WBK Pengadilan Agama Sengkang, Bupati Wajo Urai Penurunan Angka Pernikahan Dini

- Pembangunan Talut Kiri Kanan Sepanjang 2.000 M

- Pembangunan Duikker Sebanyak 1 Unit

Setelah acara Pembukaan TMMD dilanjutkan peninjauan kegiatan Donor Darah, Pemeriksaan Pengobatan Gratis, Pemeriksaan KB Kes dan pembagian Sembako

Baca Juga : Jadi Inspektur Upacara HKN, Amran Mahmud Semangati Jajaran Pemkab Wajo

Kegiatan tersebut diakhiri dengan, Bupati Wajo dan Kasrem 141/Tp beserta rombongan meninjau lokasi sasaran TMMD ke-113 TA. 2022.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemda Wajo #Amran Mahmud #tmmd