Rabu, 11 Mei 2022 08:09

Dorong Pariwisata Berbasis Budaya, Pemprov Sulsel Akan Bangun Arena Pacuan Kuda di Jeneponto

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, bersama rombongan saat berkunjung ke Kabupaten Jeneponto, Selasa (10/5/2022).
Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, bersama rombongan saat berkunjung ke Kabupaten Jeneponto, Selasa (10/5/2022).

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, telah berkunjung ke Jeneponto untuk memastikan kelayakan lokasi, seperti kepemilikan tanah dan faktor penunjang lainnya sebelum memasuki tahap lanjutan rencana pembangunan.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) berencana membangun arena pacuan kuda di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Ini dengan melihat potensi arena balap kuda sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui kearifan lokal.

Terlebih lagi, pacuan kuda merupakan tradisi masyarakat Jeneponto yang telah turun-temurun. Pemprov Sulsel akan memfasilitasi dengan membuat wadah yaitu pembangunan arena pacuan kuda yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata. Ini juga sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Sulsel 2018-2023 yaitu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, telah berkunjung ke Jeneponto, Selasa (10/9/2022), untuk memastikan kelayakan lokasi, seperti kepemilikan tanah dan faktor penunjang lainnya sebelum memasuki tahap lanjutan rencana pembangunan.

Baca Juga : Sekprov Abdul Hayat Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha

"Intinya adalah bahwa Bapak Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman) berharap kita semua untuk turun langsung di lapangan mengecek ketersediaan lokasi untuk rencana pembangunan pacuan kuda di Kabupaten Jeneponto. Pak Gubernur berharap tempat pacuan kuda ini representatif dengan memakai standar nasional sebagai arena pacuan," jelas Ashari yang juga merupakan putra asli Jeneponto.

Saat ini telah ada lahan lima hektare yang akan dijadikan arena pacuan kuda. Setelahnya akan dilakukan studi kelayakan dan persiapan lain untuk mewujudkan sarana olahraga pacuan kuda yang terstandardisasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jeneponto, Muh. Arifin Nur, menyambut baik rencana Pemprov Sulsel. Hanya, lokasi yang rawan banjir diharapkan menjadi perhatian untuk melakukan antisipasi.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Tengah Berhaji, Sekda Evaluasi Serapan Anggaran Perangkat Daerah

Lebih dari itu, kata dia, secara umum rencana Pemprov Sulsel akan berdampak positif terhadap pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Jeneponto. "Tentunya kami dari pemerintah daerah sangat merespons dengan baik rencana Pemprov Sulsel. Tentunya sebelum pelaksanaan harus dipastikan semua alas haknya supaya di belakang tidak ada persoalan," ucap Arifin.

Sponsored by MGID

Dalam kunjungan Pemprov Sulsel ini, turut hadir Kasatpol PP Sulsel, Mujiono, dari Badan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat Daerah, Bapelitbangda, Dispora, Dinas Pertanian, serta Dinas Kominfo. (*)

Penulis : Samsul Lallo
#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Pemkab Jeneponto #Pacuan Kuda