Sabtu, 07 Mei 2022 13:05

Lagi, Ukraina Tukar Tahanan dengan Rusia, Termasuk Wanita dan Pendeta

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Wakil Perdana Menteri (PM) Ukraina, Iryna Vereshchuk, menyebut pertukaran tahanan ini sangat memuaskan.

RAKYATKU.COM - Ukraina melakukan pertukaran tahanan dengan Rusia. Otoritas Ukraina mengumumkan ada 41 tahanan dibebaskan Moskow dan ditukar tahanan asal Rusia yang ditahan Kiev.

Dilansir AFP dan CNN, Sabtu (7/5/2022), kesepakatan saling menukar tahanan antara Ukraina dan Rusia itu diumumkan Wakil Perdana Menteri (PM) Ukraina, Iryna Vereshchuk, dalam pernyataan via Telegram, Jumat (6/5/2022), waktu setempat.

"Pertukaran tahanan lainnya telah terjadi: 41 orang, termasuk 11 wanita telah dipulangkan," kata Vereshchuk

Baca Juga : Putin Berikan Kewarganegaraan Rusia ke Edward Snowden Pembocor Dokumen Rahasia NSA

Sebanyak 41 tahanan yang dibebaskan Moskow itu terdiri atas 28 tentara dan 13 warga sipil. Salah satu warga sipil yang dibebaskan merupakan seorang pendeta pada Gereja Ortodoks Ukraina, yang namanya tidak disebutkan.

Dalam pernyataannya, dilansir Reuters, Vereshchuk menyebut pertukaran tahanan itu sangat memuaskan. Namun, tidak disebutkan lebih lanjut oleh Vereshchuk soal jumlah tahanan Rusia yang dibebaskan oleh Kiev dalam pertukaran tahanan itu.

 

Ukraina dan Rusia telah melakukan sejumlah pertukaran tahanan sejak Moskow mengirimkan pasukannya untuk menginvasi pada 24 Februari lalu.

Baca Juga : Rusia Mobilisasi Ratusan Ribu Tentara Cadangan, Presiden Ukraina: Tentara Mereka Tak Mampu Lagi Berperang

Terakhir, pertukaran tahanan terjadi pada 30 April lalu dengan 14 tahanan Ukraina dibebaskan Rusia, termasuk seorang wanita hamil. Tidak disebutkan lebih lanjut jumlah tahanan Rusia yang dibebaskan Ukraina dalam pertukaran tahanan itu. (*)

#Perang Rusia Vs Ukraina #Rusia #Ukraina