Rabu, 04 Mei 2022 11:02

Polri: Kecelakaan Mudik Lebaran Idulfitri 2022 Menurun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jumlah korban meninggal dunia, luka ringan mengalami penurunan. Untuk luka berat ada peningkatan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Tim Operasi Ketupat 2022 melaporkan terjadi 51 kecelakaan di jalan tol sepanjang musim arus mudik Lebaran Idulfitri 1443 H/2022 M. Angka itu rekapitulasi 23 April-2 Mei 2022.

"Sementara kecelakaan di jalan non-tol terjadi sebanyak 2.894 kejadian," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang dikutip, Rabu (4/5/2022).

Secara keseluruhan jumlah kecelakaan di tol maupun non-tol berjumlah 2.945. Namun, angka itu mengalami penurunan satu persen dibanding 2021 lalu--dengan adanya larangan mudik bagi masyarakat.

Baca Juga : Polri Keluarkan Izin, BRI Liga 1 Dimulai 5 Desember

"Jumlah korban meninggal dunia, luka ringan mengalami penurunan. Untuk luka berat ada peningkatan," ujar Dedi.

Dedi menjelaskan, Korlantas Polri mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik untuk menghindari puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Ini, kata dia, perlu dipertimbangkan masyarakar agar setelah silaturahmi dengan keluarga bisa memanfaatkan waktu pulang lebih awal.

 

"Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa pulang setelah tanggal 9," kata Dedi.

Baca Juga : Survei Indikator Politik Indonesia: TNI Institusi Paling Dipercaya Publik, Polri Melorot

Untuk menghadapi puncak arus balik, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi potensi kepadatan, yakni one way dan contraflow. Pelaksanaannya dilakukan dengan beberapa skema. (*)

Sponsored by MGID

Sumber: Tempo

#Mudik Lebaran 2022 #Operasi Ketupat 2022 #Polri