Senin, 02 Mei 2022 13:27

Lokasi Salat Id Padat Jemaah meski PPKM Level 3, Ini Penjelasan Wali Kota Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), salat Idulfitri di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Senin (2/5/2022).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), salat Idulfitri di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Senin (2/5/2022).

Kondisi Makassar saat ini berbeda sewaktu PPKM Level 3 beberapa bulan lalu. Meski PPKM Level 3, saat ini kasus COVID-19 di Makassar sangat rendah, berkisar 0-5 kasus per hari.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksanaan salat Idulfitri di Kota Makassar padat jemaah meskipun kini berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menyebutnya sebagai bentuk melepas kerinduan untuk menggemakan takbir secara berjemaah dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat setelah dua tahun dibatasi penyelenggaraannya.

"Antusiasme masyarakat kita luar biasa ada dua titik konsentrasi, di Lego-Lego dipimpin langsung Pak Gubernur (Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman) dan di sini di Karebosi. Mulai dari tadi malam terlihat saat malam takbiran di Losari, kelihatan sekali kerinduan masyarakat bertakbir. Kerinduan terhadap penyelenggaraan Idulfitri," kata Danny Pomanto yang melaksanakan salat id di Lapangan Karebosi, Senin (2/5/2022).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Kondisi Makassar saat ini, sambung Danny, berbeda sewaktu PPKM Level 3 beberapa bulan lalu. Meski PPKM Level 3, saat ini kasus COVID-19 di Makassar sangat rendah, berkisar 0-5 kasus per hari.

"Secara jumlah (kasus COVID-19) dulu 1.500 per hari kita PPKM Level 3. Artinya setiap minggu itu tidak dari 20, bahkan ada tidak lebih dari 10," ungkap Danny.

Kendati demikian, Danny menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak akan lengah. Ia pun berharap agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

"Level 3 kali ini lebih kepada antisipasi, kita tidak boleh lengah, Satgas COVID-19 tetap bertugas, protokol kesehatan harus dijalankan, wajib kenakan masker," kata dia.

Sebagaimana aturan dari pemerintah pusat, jajaran pejabat Pemkot Makassar juga tidak menggelar open house sebagaimana tahun sebelumnya. Danny menganjurkan bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Aturannya kita tidak boleh buat open house, itu dari pusat. Jadi bisa open house lewat hape (handphone) saja," pesannya. (*)

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Lebaran Idulfitri 2022