Jumat, 29 April 2022 23:15

Mudik Gratis, Pemprov Sulsel Berangkatkan 700 Mahasiswa dan Masyarakat Umum di Hari Kedua

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masyarakat antusias dengan hadirnya layanan program mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel.
Masyarakat antusias dengan hadirnya layanan program mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel.

Dishub Sulsel menyiapkan 20 kendaraan terdiri atas 16 unit bus dan 4 unit truk. Truk ini akan mengangkut kendaraan motor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masyarakat antusias dengan hadirnya layanan program mudik gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel. Di hari kedua, Jumat (29/4/2022), sebanyak 700 orang pemudik diberangkatkan.

"Mahasiswa dan masyarakat umum begitu antusias mengikuti pelaksanaan mudik gratis. Di hari kedua ini, sekitar 700-an pemudik yang diberangkatkan,” kata Plh. Kadis Perhubungan Sulsel, Aruddini.

Adapun titik kumpul yakni di Terminal Cappa Bungaya untuk pemudik menuju ke arah selatan dan di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel untuk pemudik ke wilayah utara.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Guna mendukung inovasi yang digagas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sudirman, ini Dishub Sulsel menyiapkan 20 kendaraan terdiri atas 16 unit bus dan 4 unit truk. Truk ini akan mengangkut kendaraan motor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya.

"Sesuai harapan Bapak Gubernur, melalui mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat merayakan Lebaran Idulfitri bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing," ujarnya.

Selain itu, diharapkan program ini dapat mengurangi kemacetan serta menurunkan risiko terjadinya kecelakaan. Dengan demkian, dapat menciptakan suasana hari raya yang aman, nyaman, dan lancar.

Baca Juga : Peringatan Hardiknas Tingkat Provinsi Sulsel Bertabur Penghargaan

Sementar itu, hadirnya layanan mudik gratis oleh Pemprov Sulsel mendapat sambutan hangat kalangan mahasiswa. Mereka menganggap inovasi ini sangat membantu.

Salah satunya, Presiden BEM Universitas Hasanuddin, Imam, mengaku inovasi ini sangat bermanfaat yang menyasar masyarakat umum.

"Kami memandang ini salah satu inovasi dan bisa jadi percontohan karena baru ada pertama kali pemerintah provinsi yang memfasilitasi teman-teman mahasiswa dan masyarakat umum untuk mudik secara gratis dan difasilitasi secara logistik. Jadi menurut saya, ini jadi inovasi percontohan dan kedepannya harapannya kegiatan seperti ini mampu menjaring mahasiswa maupun organisasi," ungkapnya.

Baca Juga : Hadiri Peringatan HUT Jeneponto, Pj Ketua TP PKK Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas pelaksanaan mudik gratis bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang dilaksanakan pelataran rujab Gubernur Sulsel, Kamis (28/4/2022).

Diperkirakan program ini akan melayani sekitar 1.200 pemudik dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Para pemudik mulai diberangkatkan mulai 28 hingga 30 April 2022. Untuk rute, di antaranya dari Makassar ke Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba, hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Mudik Lebaran 2022