Kamis, 28 April 2022 14:31

Pasar Murah dan Gelar Pangan di Barru Tekan Harga hingga 10 Persen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasar murah dan gelar pangan di Alun-Alun, Taman Colliq Pujie, Kabupaten Barru.
Pasar murah dan gelar pangan di Alun-Alun, Taman Colliq Pujie, Kabupaten Barru.

"Pokoknya nilai harga jual stok pangan di sini di bawah harga pasar. Sebab, harga yang diberlakukan di arena gelar pangan bisa kita tekan dari 5 hingga 10 persen," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Barru, Ma’ruf Jamaluddin.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pasar murah dan gelar pangan dalam rangka hari besar keagamaan dan nasional (HBKN) digelar di berbagai wilayah.

Di Sulawesi Selatan, Kabupaten Barru masuk di wilayah zona IV bersama Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Sidrap dan menjadi tuan rumah. Di Barru, pelaksaan pasar murah dan gelar pangan berlangsung di Alun-Alun, Taman Colliq Pujie.

Gelar pangan zona IV menawarkan pasar murah berbagai kebutuhan pokok selama Ramadan dan menyambut Lebaran Idulfitri 1443 H/2022 M. Kebutuhan pokok (pangan) yang dijual antara lain beras, telur, gula pasir, minyak goreng, daging sapi dan ayam, bawang, cabai, dan serta produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) maupun kebutuhan lainnya.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Jajaran perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, masing-masing Kepala Dinas UMKM, Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag), serta Kepala Dinas (Kadi) Ketahanan Pangan dan Pertanian, menjamin ketersediaan stok bahan pangan dan kebutuhan pokok sejak Ramadan hingga pasca Lebaran Idulfitri.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Barru, Ma’ruf Jamaluddin, mengatakan bahwa gelar pangan yang dilaksanakan di zona IV diikuti empat kabupaten/kota, tetapi hanya dua yang berpartipasi, yakni Barru dan Pinrang.

Berbagai jenis kebutuhan ditawarkan beberapa produsen, UMKM, pengusaha, dan lembaga penyanggah pangan, salah satunya Bulog.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Pokoknya nilai harga jual stok pangan di sini di bawah harga pasar. Sebab, harga yang diberlakukan di arena gelar pangan bisa kita tekan dari 5 hingga 10 persen," ujar Ma’ruf, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, Kadis UMKM Koperindag Barru, Andi Takdir, menyatakan kegiatan ini merupakan agenda pemerintah pusat dan pihak pemerintah daerah ikut mendukung dalam rangka menekan angka inflasi.

"Agenda gelar pangan ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan terjadinya inflasi agar masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya," ucap Takdir. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru