Selasa, 19 April 2022 21:29

Alhamdulillah, Ruas Pinrang - Rappang Mulai Dikerjakan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengerjaan jalan
Pengerjaan jalan

"Total tahun ini kita alokasikan sekitar 33 Miliar untuk ruas Pinrang-Rappang"

RAKYATKU.COM, PINRANG - Rekonstruksi ruas jalan Pinrang - Rappang yang berada di Kabupaten Pinrang mulai dikerjakan.

Ruas jalan ini menjadi salah satu fokus prioritas. Dikarenakan termasuk dalam lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi dan kondisi rusak berat.

Untuk tahun 2022 ini, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sidrap ini terdiri dari dua paket kegiatan.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Salah satunya, sementara progres pengerjaan dan telah terkontrak Rp 13,9 Miliar. Serta satu paket lainnya yang dialokasikan Rp 19,6 Miliar.

Peningkatan/rekonstruksi ruas jalan dengan total 33 Miliar lebih ini, nantinya akan menangani sepanjang total 6,2 km. Dengan penanganan pada ruas jalan yang rusak berat.

"Alhamdulillah, sudah mulai tahap pengerjaan untuk rekonstruksi ruas Pinrang - Rappang paket 1. Untuk paket 2 melalui masih sementara berproses lelang," ujar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Penanganan ruas ini pun menjadi fokus Pemprov Sulsel, dikarenakan menjadi salah satu aspirasi masyarakat.

"Total tahun ini kita alokasikan sekitar Rp 33 Miliar untuk ruas Pinrang - Rappang. Kita harap dukungan seluruh pihak, utamanya masyarakat setempat demi kelancaran pengerjaan ruas jalan ini," ungkapnya.

Gubernur termuda di Indonesia ini berharap, dengan penanganan akses ini dapat mempermudah mobilitas barang dan jasa bagi masyarakat.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

"Sehingga akan berdampak pada perputaran perekonomian menuju upaya pemulihan ekonomi," pungkasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas, menyampaikan, bahwa sementara progres pekerjaan di lapangan pada paket peningktatan/rekonstruksi jalan ruas Pinrang - Rappang di Kabupaten Pinrang.

"Pekerjaan yang sedang berlangsung saat ini adalah pekerjaan galian untuk pelebaran jalan. Pada pekerjaan pelebaran dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu pekerjaan galian, pekerjaan pemadatan tanah dasar, penghamparan material berbutir dan pemadatannya, penghamparan lapis perkerasan dan pemadatan, diakhiri dengan pekerjaan pengaspalan. Pekerjaan pemadatan pada setiap lapis perkerasan dilaksanakan untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur perkerasan jalan," paparnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #infrastruktur