Kamis, 14 April 2022 23:08

Putin: Eropa Tidak Dapat Sepenuhnya Menghindari Gas Rusia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Rusia Vladimir Putin ( Foto: AP Photo/Sergey Guneev)
Presiden Rusia Vladimir Putin ( Foto: AP Photo/Sergey Guneev)

"Tidak ada pengganti yang rasional (untuk gas) di Eropa sekarang," kata Putin.

RAKYATKU.COM, -- Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow akan bekerja untuk mengarahkan kembali energinya ke timur ketika negara-negara Eropa mencoba untuk mengurangi ketergantungan pada ekspor Rusia, dan ia menambahkan bahwa Eropa tidak akan dapat sepenuhnya menghindari gas Rusia.

Rusia, yang menyumbang sekitar 10 persen dari produksi minyak global, telah menjalin hubungan lebih dekat dengan Asia dan China, konsumen energi utama dunia, mencoba untuk mendiversifikasi pengiriman dari pasar pasokan tradisionalnya di Eropa.

Sanksi Barat atas operasi militer Moskow di Ukraina telah memukul ekspor energi Rusia dengan memperumit pembiayaan kesepakatan dan logistik.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"Yang mengherankan adalah bahwa apa yang disebut sebagai mitra dari negara-negara yang tidak bersahabat mengakui bahwa mereka tidak akan dapat hidup tanpa sumber daya energi Rusia, termasuk tanpa gas alam, misalnya," kata Putin dalam pertemuan pemerintah yang disiarkan televisi, Kamis (14/4/2022)

"Tidak ada pengganti yang rasional (untuk gas) di Eropa sekarang," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa Eropa, dengan berbicara tentang memotong pasokan energi dari Rusia, menaikkan harga dan membuat pasar tidak stabil.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

"Negara-negara yang tidak bersahabat mengakui bahwa mereka tidak dapat melakukannya tanpa sumber energi Rusia", kata Putin.

Operasi militer khusus Rusia di Ukraina telah memicu perombakan prioritas energi 27 negara Uni Eropa saat Brussel berusaha untuk membebaskan negara-negara dari ketergantungan pada Rusia, yang memasok sekitar 40 persen gas alam blok tersebut.

Putin mengatakan bahwa Rusia perlu membangun infrastruktur untuk meningkatkan pasokan energinya ke Asia.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Rusia memulai pasokan gas pipa ke China pada akhir 2019 setelah bertahun-tahun melakukan pembicaraan yang melelahkan dan setuju untuk memotong harga bahan bakar.

Putin juga mengatakan bahwa peran mata uang nasional dalam kesepakatan ekspor harus meningkat, di tengah rencana Rusia untuk beralih ke rubel dalam pembayaran pasokan gasnya, terutama ke Eropa.

Rusia telah mengalami penurunan tajam dalam produksi minyak, sumber pendapatan utamanya, di tengah kesulitan pembayaran untuk perdagangan dan kapal.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Rumah-rumah perdagangan global utama berencana untuk mengurangi pembelian minyak mentah dan bahan bakar dari perusahaan-perusahaan minyak yang dikendalikan negara Rusia pada 15 Mei, kata sumber-sumber, untuk menghindari pelanggaran sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

Putin mengatakan masalah paling "akut" dari sektor energi Rusia terkait dengan gangguan logistik pasokan energi.

Sumber: Reuters

#vladimir putin #Rusia #Eropa #minyak