Kamis, 14 April 2022 22:49

Bupati Wajo Dipeluk Erat Nenek-Nenek Saat Safari Ramadan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo Amran Mahmud
Bupati Wajo Amran Mahmud

Amran Mahmud bersama rombongan disambut hangat para penjual pasar. Suami Sitti Maryam ini tampak asyik berkeliling dan berinteraksi dengan hampir penjual yang di sana.

RAKYATKU.COM, WAJO - Selama Ramadan 1443 H/2022 M ini masyarakat akan lebih sering berinteraksi langsung dengan Bupati Wajo, Amran Mahmud. Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu tengah menjalani agenda safari Ramadan dengan blusukan menyisir desa/kelurahan. Tiap hari per kecamatan, sejak siang hingga jelang tengah malam.

Kamis (14/4/2022), Kecamatan Pammana yang mendapat giliran. Masyarakat setempat yang mengetahui akan kedatangan pemimpinnya, bersiap menyambut dengan antusias.

Salah satu momen menyejukkan hati terlihat saat Amran Mahmud mengunjungi pasar mini yang dikelola Pemerintah Desa Pallawarukka. Pasar yang beroperasi tiap pagi ini sudah ada sejak lama. Menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat, mulai dari ikan, sayuran, bumbu dapur, beras, maupun bahan pokok lainnya.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Amran Mahmud bersama rombongan disambut hangat para penjual pasar. Suami Sitti Maryam ini tampak asyik berkeliling dan berinteraksi dengan hampir penjual yang di sana.

Gaya natural Amran Mahmud yang memang selalu menghormati orang lain, kembali terlihat. Tak ada sekat antara pemimpin dan rakyatnya. Tak ada juga kesan dibuat-buat untuk sekadar pencitraan.

Begitu pula ketika berinteraksi warga di masjid, maupun di teras rumah ibadah, Amran Mahmud yang didampingi istrinya, Sitti Maryam, berbaur penuh kehangatan.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

Bahkan, salah seorang perempuan paru bayah, karena saking senangnya bahkan memeluk erat Amran Mahmud. Dengan senyum Amran Mahmud pun membalas pelukan itu sambil berbincang akrab.

Khusus di kunjungannya di pasar minim, Amran yang tak lain Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) Wajo inipun mengapresiasi Pemerintah Desa Pallawarukka yang mampu mengelola pasar. Menurutnya, keberadaan pasar ini, selain menyiapkan kebutuhan masyarakat, juga berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi. Terlebih saat pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Saya berharap Pak Desa Pallawarukka tetap bisa memantau perkembangan pasar ini. Kalau perlu kita upayakan agar menjadi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), tentunya dengan tetap berpedoman pada aturan yang ada," ucapnya.

Baca Juga : Pejabat Bupati Silaturahmi Calon Bupati Wajo Dalam Momentum Idul Fitri 1445

Amran Mahmud juga meminta kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) untuk terus melakukan pembinaan-pembinaan, khususnya membantu jika memang memungkinkan untuk bisa dijadikan BUMDes. "Selain memperhatikan regulasi, tetap harus dipikirkan sisi baik dan buruknya," ujar kepala daerah bergelar doktor ini.

Sementara, Kepala Desa Pallawarukka, Muhammad, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Wajo bersama rombongan. Ia juga menyampaikan apresiasi atas pembinaan dan pendampingan Dinas PMD selama ini, salah satunya dalam pengembangan perekonomian desa.

"Pengelolaan pasar ini hampir tidak pernah ada masalah. Sementara, kita juga upayakan agar pasar mini ini bisa menjadi BUMDes," katanya.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Shalat Ied di Masjid Ummul Qura

Pada kesempatan ini, Bupati Wajo didampingi Wakil Bupati Wajo, Amran, Anggota DPRD Wajo, Musa, Kepala Dinas PUPRP, Andi Pameneri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ashar, bersama para kepala bidang, Kepala Dinas PMD, Andi Liliyana, bersama para kepala bidang, Ketua TP PKK Wajo, Sitti Maryam, Staf Bagian Kesra, Hasriadi, Camat Pammana, Junisatri Rasyid bersama Kapolsek dan Danramil, serta pemerintah setempat.

Safari Ramadan Berbeda

Safari Ramadan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini dilaksanakan memanfaatkan satu hari untuk berkunjung ke satu kecamatan dengan membagi waktu salat Zuhur, Asar, buka puasa dengan undangan tokoh masyarakat, serta salat Isya dan tarawih di desa atau kelurahan yang berbeda. Diselingi dengan kunjungan ke sarana dan prasarana di wilayah setempat.

Baca Juga : Pj. Bupati Wajo Sampaikan Pesan Idul Fitri Jelang Shalat Ied di Masjid Ummul Qura

Di Kecamatan Pammana hari ini, diawali dengan pembukaan Festival Ramadan Pammana di Kantor Kecamatan Pammana, salat Zuhur di Masjid Nurul Hidayah Desa Tadangpalie, mengunjungi pasar mini Desa Pallawarukka, salat Asar di Masjid Ummu Salamah Desa Watampanua, buka puasa di rumah tokoh masyarakat Desa Kampiri, salat Magrib di Musala Al Munawwarah Kelurahan Cina, dan salat Isya dan tarawih di Masjid Babuttaqwa Kelurahan Cina kemudian dilanjutkan dengan peninjauan vaksinasi di halaman Kantor kecamatan Pammana.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Safari Ramadhan