Selasa, 12 April 2022 09:11

Teriakan "Darah Halal" Saat Ade Armando Dikeroyok, Ini Tanggapan MUI

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam.

(Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

"Kita prihatin atas insiden tersebut. Semoga lekas sembuh. Kegiatan penyampaian pendapat mahasiswa sebagai kekuatan kontrol harus dijaga kemurniannya, jangan ternoda oleh tindak anarki," kata Asrorun.

 

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menanggapi terkait pengereyokan Armando dalam demo 11 April di depan Gedung DPR.

Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam, mengaku prihatin. Ia juga menyayangkan kegiatan penyampaian aspirasi mahasiswa dinodai dengan tidak anarkis.

Baca Juga : Kadar Alkohol Tinggi, MUI Tegaskan Produk Nabidz Haram

"Kita prihatin atas insiden tersebut. Semoga lekas sembuh. Kegiatan penyampaian pendapat mahasiswa sebagai kekuatan kontrol harus dijaga kemurniannya, jangan ternoda oleh tindak anarki," kata Asrorun, Senin (11/4/2022).

Video pengeroyokan Ade Armando viral di media sosial. Salah satunya di akun milik Denny Siregar.

Sejumlah massa mengeroyok Ade Armando mengucapkan, "Laa ilaaha illallah." Bahkan, di video lainnya, ada yang bersorak kalau darah Ade Armando "halal" untuk dilakukan kekerasan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Terus Berharap Kolaborasi dengan MUI

Asrorun tak setuju dengan tindakan tersebut. Ia mengatakan tindakan menegakkan kebenaran harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak anarkis apalagi mencelakakan orang.

"Dalam Islam, amar ma'ruf itu harus dilakukan dengan cara-cara yang makruf, tidak boleh anarkis, apalagi mengancam jiwa," ucapnya.

Ia meminta semua pihak untuk menahan diri dari caci maki dan sikap saling tuduh. "Semuanya harus menahan diri, dari caci maki dan saling umat, saling tuduh," lanjut Asrorun. (*)

Baca Juga : Kecam Tindak Kekerasan Terhadap Warga Palestina, MUI Sebut Israel Negara Penjahat

Sumber: Detik.com

#MUI #Demo 11 April #Ade Armando