Jumat, 08 April 2022 21:14

Dukungan TNI Bantu Percepat Pembangunan di Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dukungan TNI Bantu Percepat Pembangunan di Gowa

Kodim 1409/Gowa juga ikut aktif melakukan kegiatan vaksinasi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Gowa.

GOWA — Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni mengatakan, keberhasilan percepatan pembangunan daerah saat ini tentunya karena adanya kolaborasi dari seluruh stakeholder. Salah satunya kontribusi TNI dalam mendukung penuh program-progam yang dicanangkan untuk kemajuan daerah.

“Selama ini sinergi dan kolaborasi yang baik telah dijalankan antara Pemkab Gowa dengan TNI. Baik yang sifatnya fisik, maupun program – program sosial kemasyarakatan, termasuk dalam penanganan Covid-19,” katanya usai menerima kunjungan kerja Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad di Kodim 1409/Gowa, Jumat (8/4).

Dukungan TNI dalam percepatan penanganan Covid-19 terlihat nyata dengan keterlibatannya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat capaian cakupan vaksinasi seusai yang ditargetkan. Selain itu keterlibatan TNI, melalui Kodim 1409/Gowa juga ikut aktif melakukan kegiatan vaksinasi di beberapa titik yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

Sementara, untuk kegiatan lainnya melalui kerjasama Pemkab Gowa dan Kodim 1409 yang melakukan pembangunan di desa-desa melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah-daerah terpencil.

Belum lagi, beberapa waktu lalu dilakukan penandatanganan kerjasama untuk peremajaan pohon pelindung di beberapa titik di Kabupaten Gowa.

“Ini semua tentunya tidak lepas dari dukungan TNI kepada pemerintah daerah,” tegasnya.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Karaeng Kio’ sapaan akrabnya juga menyampaikan sambutanya atas kedatangan Pangdam XIV Hasanuddin dengan tujuan untuk melihat langsung kondisi nyata di lapangan bagaimana tugas pokok struktur TNI bekerja mulai dari pucuk pimpinan di Kodim, hingga Babinsa di tingkat desa dan kelurahan.

“Kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Gowa kepada Pangdam XIV/Hasanuddin. Semoga dengan kehadirannya di Kabupaten Gowa dapat semakin meningkatkan kolaborasi yang baik antara Pemkab Gowa dengan Kodim 1409/Gowa,” ujarnya.

Sementara dalam arahannya, Pangdam XIV/Hasanuddin mengapresiasi Kodim 1409/Gowa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam bersinergi bersama Forkopimda setempat, serta upaya – upaya dalam melakukan kolaborasi termasuk juga dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

“Sebagai putra asli Sulawesi Selatan, ketika berkunjung ke wilayah, saya selalu menyampaikan bahwa Tripilar (Tiga Pimpinan Kelurahan/Desa) adalah ujung tombak yang membantu melaksanakan program – program pemerintah,” sebutnya.

Olehnya itu, diharapkan sinergitas dan soliditas yang tinggi antara Lurah/Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugas – tugasnya.

Untuk itu, cucu dari Pahlawan Nasional Andi Mappanyukki ini menitipkan pesan kepada Tripilar untuk terus mengayomi dan membantu masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Kembali Dinobatkan Jadi Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang terjadi cukup panjang ini paling berdampak pada sektor ekonomi masyarakat yang terus mengalami penurunan. Karenanya, dalam setiap kunjungan yang dilakukan oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, sellau dirangkaikan dengan pelaksanaan bakti sosial pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu.

“Di masa pandemi ini, masyarakat perlu adanya sentuhan – sentuhan, salah satunya yaitu kita bisa memberikan sesuatu misalnya sembako, paling tidak kita bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam mengatasi kesulitannya,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula, dilaksanakan penyerahan secara simbolis kunci Aula VIP Kodim 1409/Gowa dari Pemkab Gowa kepada Pangdam XIV/Hasanuddin, sekaligus penandatanganan prasasti peresmian Aula VIP dan Pagar Kodim 1409/Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Anugerahi Kajati Sulsel Gelar Adat I Mannuntungi Daeng Mattola

Pada kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa ini, Pangdam didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Ny. Amelia Andi Muhammad.

Turut hadir pada kesempatan ini Danrem 141/TP Brigjen TNI Djashar Djamil, unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Kepala Desa di wilayah Kabupaten Gowa.

#Pemkab Gowa #Abd Rauf Malaganni #kodim