Kamis, 07 April 2022 14:09

Kembangkan Model Pembelajaran Menulis Berbasis Literasi Digital, Abdul Haliq Raih Gelar Doktor di UNY

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abdul Haliq.
Abdul Haliq.

Model pembelajaran menulis yang dikembangkan Abdul Haliq didasari sejumlah hal empiris, salah satunya soal pelanggaran hak cipta atau biasa disebut plagiarisme.

RAKYATKU.COM - Abdul Haliq sukses meraih gelar doktor di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) setelah menyelesaikan tugas akhir dengan mengembangkan sebuah model pembelajaran menulis yang adaptif dengan era digital.

Ujian promosi doktor pria kelahiran Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, itu berlangsung secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Abdul Haliq yang juga dosen program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM) itu sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Akademik Mandiri melalui Literasi Digital di hadapan tim penguji meliputi Prof. Dr. Endang Nurhayati, M.Hum., Prof. Dr. Zamzani, M.Pd., Dra. Pangesti Wiedarti, M.AppI. Ling., Ph.D., Prof. Dr. Suroso. M.Pd., Dr. Teguh Setiawan, M.Hum., dan Prof. Dr. Akmal Hamsa, M.Pd.

Model pembelajaran menulis yang dikembangkan Abdul Haliq didasari sejumlah hal empiris, salah satunya soal pelanggaran hak cipta atau biasa disebut plagiarisme.

"Temuan awal saya adalah tulisan mahasiswa khususnya esai akademik banyak ditemukan indikasi plagiarisme. Data yang diperoleh dari ISRF, menunjukkan satu per empat dari jumlah esai akademik yang dikirim ke lembaga tersebut terindikasi plagiat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Abdul Haliq menjelaskan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan bertujuan memenuhi kebutuhan dosen maupun mahasiswa dalam hal menulis berbagai jenis karya ilmiah.

"Model pembelajaran ini dapat membantu dosen maupun mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik tanpa unsur plagiarisme seperti, esai akademik, makalah, proposal penelitian, dan artikel hasil penelitian di tengah kemudahan mengakses informasi," terangnya.

Abdul Haliq diketahui menyelesaikan studi S-1 di Universitas Negeri Makassar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada tahun 2011. Kemudian, menyelesaikan studi S-2 di Universitas Negeri Makassar Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa pada tahun 2013. (*)

#Universitas Negeri Yogyakarta