Jumat, 01 April 2022 14:58

Naoemi Octarina Dilantik Sebagai Ketua TP PKK Sulsel

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan dan mengukuhkan Naoemi Octarina sebagai Ketua TP PKK Sulawesi Selatan, di Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022.
Pelantikan dan mengukuhkan Naoemi Octarina sebagai Ketua TP PKK Sulawesi Selatan, di Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022.

"Agar bisa berjalan dengan baik, PKK juga membutuhkan tim pendamping yang handal. Pilihlah orang-orang yang punya passion bekerja untuk PKK agar organisasi ini bisa berjalan dengan baik"

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK, Tri Tito Karnavian, melantik dan mengukuhkan Naoemi Octarina, sebagai Ketua TP PKK Sulawesi Selatan, di Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022. Pelantikan dan pengukuhan turut disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Tri Tito Karnavian mengatakan, sebelumnya telah dilakukan pelantikan terhadap Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel, oleh Presiden RI Joko Widodo. Sulsel telah memiliki pemimpin, untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

"Karena itu, salah satu tugas Ketua PKK adalah membantu gubernur mencapai tujuan bersama cita-cita daerah. Penetapan Ketua PKK ini adalah konsekuensi dari ditetapkannya Gubernur Sulsel," ujarnya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Tri mengingatkan, PKK adalah mitra pemerintah dengan 10 program pokoknya, mencakup kebutuhan dasar manusia untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Karena itu, ia berharap PKK bisa membuat gerakan pelopor.

"Kami mengharapkan, TP PKK dalam mencapai tujuan ada program-program yang bisa dilakukan, dan PKK memiliki program-program yang bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan program pengurus pusat, serta memiliki hubungan koordinasi dan komunikasi yang baik kepada kami," tuturnya.

Sementara, Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya, peran Ketua PKK sangat menentukan, dalam kemajuan sebuah daerah. Ibaratnya, Ketua PKK berada di ring pertama, orang yang bisa mempengaruhi kebijakan kepala daerah.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Tidak hanya itu. Lanjut Tito, PKK menjadi satu-satunya mesin penggerak yang memiliki daya jangkau hingga ke lingkungan sosial terkecil, yakni keluarga.

"PKK adalah mesin sosial terbesar di Indonesia, bahkan dunia," kata Tito.

Titopun berharap, PKK bisa menopang pemerintah dalam bekerja untuk masyarakat. Program-programnya bisa bekerjasama dengan OPD dengan menggunakan dana APBD, ataupun memanfaatkan dana CSR perusahaan.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

"Agar bisa berjalan dengan baik, PKK juga membutuhkan tim pendamping yang handal. Pilihlah orang-orang yang punya passion bekerja untuk PKK agar organisasi ini bisa berjalan dengan baik," pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian dan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian, mengucapkan selamat bertugas dan mengemban amanah kepada Naoemi Octarina, sebagai Ketua TP PKK Sulsel. Juga dilakukan penyerahan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (KK, KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan KIA) pada masyarakat di Sulsel dari Naoemi Octarina, secara virtual. Perwakilan masyarakat menerima dokumen tersebut secara simbolis di Baruga Karaeng Pattingalloang Makassar.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #PKK