Selasa, 29 Maret 2022 00:32

Prabowo Bertemu Menhan Malaysia dan Filipina

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prabowo Bertemu Menhan Malaysia dan Filipina, Bahas Kerja Sama Keamanan Maritim (dok. Kemhan)
Prabowo Bertemu Menhan Malaysia dan Filipina, Bahas Kerja Sama Keamanan Maritim (dok. Kemhan)

Ketiga negara menyepakati 4 poin kerja sama

RAKYATKU.COM - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menghadiri Trilateral Cooperative Arrangement (TCA) Ministerial Meeting, antara Indonesia, Malaysia dan Filipina. Pertemuan ini digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin (28/3/2022).

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Menhan Malaysia Yb Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein dan Menhan Filipina Delfin Lorenzana.

Ketiga negara menyepakati 4 poin kerja sama

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

Pertama, mengoptimalkan proses komunikasi The Maritime Command Centre (MCC) di Tawau, Tawi-Tawi dan Tarakan agar dapat melaksanakan pertukaran informasi, pemantauan, dan pelaksanaan kegiatan pengawasan laut dan udara secara efektif.

Kedua, terus meningkatkan kehadiran ketiga negara di perairan kawasan yang meliputi pelaksanaan latihan maritim trilateral untuk memperkuat show of force gabungan serta untuk mencegah ancaman keamanan di wilayah maritim yang menjadi perhatian bersama.

Ketiga, operasi pengawasan TCA di masa depan akan didorong oleh intelijen dalam memastikan produktivitas dan akurasi. Ini bertujuan untuk mengurangi kegiatan jaringan kriminal transnasional di kawasan.

Baca Juga : Prabowo Subianto Disambut Antusias Puluhan Ribu Relawan di Sulsel

Keempat, meningkatkan keterlibatan dan komitmen strategis di antara ketiga negara melalui perbaikan struktur, komunikasi dan koordinasi TCA yang berkelanjutan.

"Dalam pertemuan, ketiga menteri bertukar pandangan tentang situasi keamanan di Laut Sulu dan Laut Sulawesi serta memahami perlunya memperkuat kerja sama untuk mengatasi ancaman berkelanjutan di wilayah maritim yang menjadi perhatian," tulis siaran pers resmi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

 

#menhan #Prabowo Subianto