Jumat, 25 Maret 2022 23:46

Pemkab Luwu Datang Berguru Rahasia Pembentukan MPP Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melakukan studi tiru ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Barru, Jumat (25/3/2022).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melakukan studi tiru ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Barru, Jumat (25/3/2022).

Sekretaris DPMPTSPTK Barru, Ikhsan Haeruddin, mengatakan bahwa kunci awal pembangunan MPP terletak pada komitmen pimpinan daerah untuk memulai proses pembentukan MPP.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sejak dibangunnya layanan Mal Pelayanan Publik (MPP), Kabupaten Barru kebanjiran tamu studi tiru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu salah satunya yang datang ke Bumi Hibridah, Jumat (25/3/2022).

Pemkab Luwu berencana ingin membangun MPP serupa dengan Barru pada 2023 mendatang.

Mewakili kepala dinasnya, Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Barru, Ikhsan Haeruddin, menerima kunjungan jajaran Pemkab Luwu dan DPRD Luwu.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Sementara, rombongan Pemkab Luwu dipimpin Kepala DPMPTSP, Rahmat A. Parana.

Ikhsan lalu membeberkan rahasia berdirinya MPP. Menurutnya, kunci awal pembangunan MPP terletak pada komitmen pimpinan daerah untuk memulai proses pembentukan MPP.

Hal itu, kata dia, merupakan salah satu yang menentukan berhasil atau tidaknya penerapan konsep MPP di daerah.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Langkah selanjutnya adalah proses koordinasi dengan instansi yang akan bergabung, penetapan mekanisme kerja, penyiapan sarana prasarana, dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) akan lebih mudah dengan adanya komitmen ini.

"Juga tak lupa ada bimbingan dari Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) yang punya gawai dengan pembentukan MPP ini juga merupakan hal yang penting dan dapat diperoleh melalui koordinasi dan konsultasi yang intens," tuturnya.

Setelah mendengar paparan itu, Pemkab Luwu lalu kunjungan ke masing-masing booth yang tersedia di MPP Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Salah satu peserta studi tiru menyampaikan kekagumannya terhadap penampakan desain MPP Barru yang estetik.

“Kami berharap teman-teman yang sudah melakukan kunjungan studi tiru di MPP Barru, bisa lebih dari kami," ujar Ikhsan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Mal Pelayanan Publik