Jumat, 18 Maret 2022 21:26

Gojek-Santomo Uji Coba Motor Listrik di Makassar, Pemkot Apresiasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran uji coba komersial berlangsung di Mal Nipah, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Jumat (18/3/2022).
Peluncuran uji coba komersial berlangsung di Mal Nipah, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Jumat (18/3/2022).

Ini untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang terintegrasi pertama di Indonesia timur.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gojek dan Santomo melakukan peluncuran uji coba komersial motor listrik di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/3/2022). Sebanyak 20 mitra driver Gojek kini menggunakan motor listrik.

Peluncuran uji coba komersial berlangsung di Mal Nipah, Jalan Urip Sumoharjo, ditandai dengan pemasangan baterai motor listrik yang dilakukan pihak Gojek, Santomo, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Hadir dalam kesempatan ini, District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas, Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Makassar, Muhammad Mario Said, dan Direktur Utama PT Santomo Resource Indonesia, Tomoichi Yamaguchi, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Usai peluncuran, para mitra driver yang dipilih menggunakan motor listrik melakukan konvoi berkeliling Makassar.

District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas, menjelaskan kolaborasi dengan Santomo bertujuan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang terintegrasi pertama di Indonesia timur.

Hal ini sejalan dengan komitmen zero emissions (nol emisi karbon) Gojek, yaitu menjadi platform yang netral karbon dan mentransisi armada bertenaga listrik (EV) secara penuh pada 2030.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Ia mengungkapkan, fokus adopsi motor listrik dipandang tepat untuk Makassar, mengingat penggunaan motor masih lebih banyak dibandingkan mobil.

Mitra driver Gojek akan memainkan peranan sangat penting dalam uji coba ini, sebagai pionir pengadopsian kendaraan listrik. Langkah ini akan menciptakan efek domino sehingga pengguna jadi terbiasa memanfaatkan layanan Gojek dengan kendaraan listrik.

Dalam uji coba inipun, kata dia, Gojek bisa mendapatkan berbagai insight sekaligus dari mitra driver, penumpang, dan pengguna, mulai dari keringanan biaya operasional kendaraan listrik, pengalaman berkendara, hingga kemudahan penggantian baterai sebagai sumber daya kendaraan.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Sementara, Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Makassar, Muhammad Mario Said, yang datang mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sangat serius bertransisi menggunakan energi baru terbarukan termasuk mengadopsi EV.

"Oleh sebab itu, saya sangat menghargai keberanian perusahan-perusahaan yang masuk dari hulu sampai hilir untuk memulai membangun ekosistem EV. Sesuai target, kami harapkan pada tahun 2030 emisi karbon di Kota Makassar bisa berkurang dan pada tahun 2060 mencapai emisi nol atau net zero carbon," ucapnya.

Motor listrik ini akan dipinjamkan gratis selama satu tahun untuk 20 mitra Gojek Makassar yang diklaim dapat membantu penghematan biaya operasional hingga 40 persen.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Direktur Utama PT Santomo Resource Indonesia, Tomoichi Yamaguchi, melihat Gojek sebagai platform on-demand dengan basis konsumen dan mitra driver yang besar di Makassar, yang dapat mendorong mitra driver menjadi pelopor dalam adopsi teknologi EV,

"Kami ingin memperkenalkan kendaraan listrik sebagai bagian dari gaya hidup yang nyaman dan ekonomis di ekosistem Gojek. Harapan kami, 100 persen mitra driver Gojek di Makassar ke depannya akan menggunakan kendaraan listrik," ungkap Tomoichi.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan keahlian dari masing-masing pihak dalam mendorong pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Makassar. Gojek akan memperkenalkan ekosistem EV kepada mitra Gojek di Makassar dan Santomo bertindak sebagai integrator dan pengembang ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

Saat ini sudah terdapat lima stasiun penukaran baterai listrik yang tersebar di Makassar, dengan waktu pengisian singkat kurang dari 10 detik.

Dalam uji coba ini, para pengguna setia Gojek secara acak akan mendapatkan kendaraan listrik pada saat menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart di area pick up di Makassar. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#gojek #pemkot makassar #PT Santomo Resource Indonesia