Kamis, 17 Maret 2022 13:13

Bupati Luwu Utara Hadiri Pengukuhan Tomakaka Masamba ke-29

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara Hadiri Pengukuhan Tomakaka Masamba ke-29

Indah Putri Indriani mengaku baru kali pertama menyaksikan pengukuhan Tomakaka Masamba.

LUWU UTARA -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menghadiri pengukuhan Tomakaka Masamba ke-2, Aidar Idrus Lapapa di Rumah Adat Katokoan Ketomakakaan Masamba, Kemakolean Baebunta, pada Kamis (17/3/2022). Pengukuhan dipimpin Sri paduka Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu Daeng Bau.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengaku baru kali pertama menyaksikan pengukuhan Tomakaka Masamba.

"Apa yang kita saksikan hari ini adalah upaya kita untuk menghormati keberadaan adat, khususnya di wilayah Masamba Luwu Utara sekaligus menjadi bagian dalam upaya kita melestarikan 3 tungguh yang selama ini dihargai dan dilaksanakan juga dirasakan manfaatnya," ucap Indah.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

3 tungguh tersebut adalah pemerintah, agama dan adat. "Oleh karena itu kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menghadirkan kegiatan yang kita laksanakan hari ini," kata dia.

Menurut bupati dua periode ini, sesungguhnya apa yang dilaksanakan hari ini kelak akan menjadi warisan kepada anak cucu. "Ketomakaan Masamba masih eksis dan selalu hadir untuk menjanjikan semangat persatuan dan kesatuan," papar Indah.

Indah pun menaruh harapan Tomakaka Masamba agar dapat menjadi pioner dalam menjaga nilai adat sosial dan nilai norma agama. "Kehadiran kita pada hari ini juga diharapkan menjadi doa terutama bagian Puang Tomakaka Masamba selalu diberikan kekuatan dan kemampuan untuk memimpin dan mengawal Pangandaran dalam wilayah adat ketomakaan Masamba," demikian IDP, akronim Indah.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Turut hadir dalam pengukuhan itu Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara, Kapolres Luwu Utara, Ketua KPU Luwu Utara, Ketua Bawaslu Luwu Utara, Para Pemangku Adat Setana Luwu, Pimpinan SKPD lingkup pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani