Senin, 14 Maret 2022 21:11

Jelang Ramadan, Kata Menko Luhut Ini yang Perlu Dilakukan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). (Dokumentasi Humas Kemenko Marves)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). (Dokumentasi Humas Kemenko Marves)

"Saya minta masyarakat yang sudah bisa melakukan booster untuk segera melakukan booster tanpa perlu memilih jenis vaksinnya. Semua jenis vaksin terbukti efektif dalam memberikan antibodi terhadap Covid-19"

RAKYATKU.COM - Bulan Suci Ramadhan 2022 menyisahkan waktu kurang lebih dua pekan lagi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan percepatan atau akselerasi vaksinasi Covid-19 dosis lengkap diperlukan untuk mendukung kelancaran kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

"Langkah akselerasi vaksinasi dosis lengkap dan booster diperlukan demi mendukung jalannya kegiatan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Hampir dua minggu lagi, kita berharap agar jalannya aktivitas ibadah umat Muslim dalam Ramadhan dan Idul Fitri nanti berjalan maksimal dan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi lonjakan kasus," kata Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara daring pada Senin (14/3/2022)..

Baca Juga : Cegah Aksi Kejahatan di Penghujung Ramadhan, Polsek Sabbangparu Patroli Pasar Rakyat Salojampu

Luhut menyebut, beberapa negara seperti Arab Saudi dan Malaysia mulai melakukan transisi dari pandemi ke endemi Covid-19. Pertimbangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara tersebut.

"Dibandingkan dengan kedua negara, capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster kita masih tertinggal. Untuk itu pemerintah akan mengejar capaian vaksinasi dosis lengkap dan juga booster," sebutnya.

Luhut juga meminta agar masyarakat yang sudah melalui vaksin dua untuk melengkapi vaksin dengan booster.

Baca Juga : Didukung PT. Ujung Pandang Perkasa, Evalube Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan

"Saya minta masyarakat yang sudah bisa melakukan booster untuk segera melakukan booster tanpa perlu memilih jenis vaksinnya. Semua jenis vaksin terbukti efektif dalam memberikan antibodi terhadap Covid-19," jelasnya.

Pemerintah pun disebut akan tetap dapat mengidentifikasi kasus dan menghindari potensi lonjakan kasus dengan cepat. Pihaknya juga meminta kepada seluruh daerah untuk kembali memperkuat kapasitas testing dan tracing.

“Segala keberhasilan dan pencapaian yang didapatkan hingga hari ini khususnya dalam pengendalian varian Omicron ini tidak terlepas dari dari kerja keras, kepedulian dan kerja sama semua elemen bangsa yang menginginkan agar kita segera keluar dari badai pandemi ini,” tuturnya.

Baca Juga : Ibadah di Masjid Raya Makassar

 

#Ramadhan #menko #Vaksinasi #Luhut Binsar Panjaitan