Minggu, 13 Maret 2022 13:08

Mantan Pemain PSM, Marc Klok Bisa Bela Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Marc Klok saat berseragam PSM Makassar ( Foto Instagram/ Marc Klok)
Marc Klok saat berseragam PSM Makassar ( Foto Instagram/ Marc Klok)

"Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior. Kami sudah yakin Klok bisa bermain karena sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

RAKYATKU.COM,--Mantan pemain PSM Makassar, Marc Klok akan membela Timnas Indonesia di SEA Games 2021.

Gelandang Persib Bandung itu sudah bisa membela tim nasional mulai April 2022, setelah debutnya tertunda karena masalah dengan dokumennya.

Marc Klok tidak bisa membuktikan sebagai keturunan Indonesia meski sudah ditetapkan sebagai warga negara Indonesia sejak November 2020.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-19 Menang Telak atas Brunei, Ketum PSSI: Permainan Makin Baik

Saat mengajukan permohonan menjadi WNI, Klok mengaku memiliki darah keturunan Indonesia. Namun, pada akhirnya pemain asal Belanda, 28 tahun itu, tidak bisa menunjukkannya.

Pemain yang bisa diturunkan di SEA Games sebenarnya adalah Timnas U-22 (pemain di bawah umur 22 tahun). Namun, setiap tim masih bisa mendaftarkan pemain senior dengan jumlah terbatas.

 

"Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior. Kami sudah yakin Klok bisa bermain karena sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

"Jumlah pemain senior yang bisa didaftarkan adalah lebih dari dua. Namun yang bermain hanya boleh dua," kata Indra menambahkan.

Sponsored by MGID

Direktur Teknik PSSI itu mengatakan ada beberapa pemain senior yang ikut didaftarkan ke SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Vietnam tahun ini. Namun, dia mengaku tidak hafal siapa saja pemain tersebut.

Mengenai pemanggilan Klok ke Timnas Indonesia, Indra mengaku, hal itu sudah dikomunikasikan dengan FIFA. Ia mengatakan orang dari departemen hubungan luar negeri PSSI yang telah mengurusnya.

Baca Juga : Pelatih PSM Sempat Pikir Harus Ambil Bola dari Makassar saat Lawan Borneo, Kenapa?

"Untuk alasan kenapa Marc Klok, itu yang memilih langsung adalah pelatih Shin Tae-yong," kata Indra.

Klok sudah bermain di Indonesia sejak April 2017. Ia mengawali kiprahnya dengan bermain untuk PSM Makassar. Pada tahun ini, dia tercatat telah lima tahun tinggal dan bekerja di Tanah Air.

SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, terpaksa ditunda tahun ini karena alasan pandemi COVID-19. Pesta olahraga tingkat ASEAN ini akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022. Tampil di ajang ini akan menjadi pengalaman bagi Marc Klok.

Baca Juga : Hasil Borneo FC Vs PSM: Gol Indah Pluim Tak Bisa Selamatkan Juku Eja dari Kekalahan

Sumber: Tempo

#PSM Makassar #Marc Klok #Timnas Indonesia #SEA Games #PSSI #Naturalisasi