Sabtu, 12 Maret 2022 13:09

PT Vale Serahkan Bantuan Alsintan untuk Tiga Desa di Luwu Timur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
General Manager Social Development Program PT Vale, Ardian Putra, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Luwu Timur, Budiman.
General Manager Social Development Program PT Vale, Ardian Putra, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Luwu Timur, Budiman.

Bantuan yang diserahkan berupa 2 unit Combine Hervester Kubota Dc.70 Plus dan 4 unit hand tractor Rangka Quick Mesin Yanmar.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia Tbk. melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PKPM menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ke masyarakat yang bermukim di Desa Matano, Kawata, dan Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (11/3/2022).

Bantuan yang diserahkan berupa 2 unit Combine Hervester Kubota Dc.70 Plus dan 4 unit hand tractor Rangka Quick Mesin Yanmar untuk menunjang pengembangan Produk Unggulan Perdesaan (Prukades) Pertanian di kawasan perdesaan mandiri hasil olahan hutan nonkayu, peternakan, dan pertanian yang melingkupi tiga desa tersebut.

General Manager Social Development Program PT Vale, Ardian Putra, menyerahkan bantuan kepada Bupati Luwu Timur, Budiman, yang kemudian diserahkan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Wute Manuwo untuk dikelola dan selanjutnya dimanfaatkan petani.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Bupati Luwu Timur, Budiman, mengatakan bantuan yang diberikan PT Vale bukan bantuan biasa karena proses pengadaannya panjang. Untuk itu masyarakat diminta untuk memaksimalkannya.

"Karena mengusulkan sebuah program itu tidak mudah. Meyakinkan pemerintah, meyakinkan Vale, termasuk meyakinkan stakeholder, bahwa bantuan ini bermanfaat atau tidak. Berbagai macam dilakukan, Musyawarah Antardesa (MAD) dilakukan, berdiskusi, bermohon, verifikasi, pleno, barulah lahir kebijakan," jelasnya.

Ke depan, Budimana berharap bantuan alat untuk menunjang aktivitas pertanian ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di Luwu Timur, khususnya di Kecamatan Wasuponda.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

"Kita maknai ini sebagai milik kita yang harus kita pelihara dengan baik karena setiap satu kali gas (mesin), ada kesejahteraan di dalamnya. Terima kasih kepada PT Vale yang berkontribusi terhadap masyarakat di Luwu Timur," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Social Development Manager PT Vale, Ardian Putra, menuturkan PT Vale telah melaksanakan beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan. "Di kawasan ini sejak beberapa tahun lalu kami telah melakukan beberapa program, seperti pendampingan pertanian organik, pengembangan budidaya Madu Trigona, termasuk pengadaan mesin combine dan hand tractor ini. Adapun yang saat ini sedang dipersiapkan adalah usulan budi daya pertanian bawang dan peternakan," beber Ardian.

Ia menjelaskan, yang menjadi tantangan dalam menentukan program adalah proses menemukan skema tepat agar kelayakan atau keberhasilan program dapat dirasakan manfaat dan berdampak. Untuk itu dibutuhkan banyak referensi dalam menentukan program yang berkelanjutan kawasan.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"Kami dari pihak manajemen berharap dukungan (combine dan hand tractor) ini bisa memberikan nilai tambah, sebagaimana di kawasan pertanian terpadu Mahalona, dari awal 3 unit sekarang berkembang jadi 6 unit, dan telah menghasilkan bagi Bumdesma yang juga SHU l-nya turut didistribusikan ke desa-desa di sekitarnya dari dukungan alat yang diberikan. Dan ini bisa menjadi contoh acuan bagi desa-desa di sini dan juga desa lainnya," paparnya. (*)

#PT Vale Indonesia