Jumat, 11 Maret 2022 15:56

Diakui Menpan-RB, Dinas PMPTSP dan TK Barru Terbaik di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (tengah).
Bupati Barru, Suardi Saleh (tengah).

"Alhamdulillah, predikat A dari hasil penilaian nasional menjadi kado hari jadi ke-62 Barru. Pengumuman Bapak Menpan-RB (Tjahjo Kumolo) atas pelayanan prima DPMPTSP kita semoga menjadi semangat untuk terus berbuat. Kita yakin, Barru Bisa lebih maju dan sejahtera jika semua sinergi berkolaborasi," kata Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan hasil evaluasi pelayanan publik terbaik 2021.

Kabupaten Barru di bawah kepempinpinan Suardi Saleh yang membangun Menara Kantor Bupati Barru berlantai tujuh dan meletakkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) turut dinilai bersama 514 Unit Pelayanan Publik (UPP).

Berdasarkan pengumuman itu, DPMPTSP Barru dinobatkan atas prestasi dengan predikat A atau pelayanan prima sebagai predikat tertinggi.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Resmikan Gerakan Pangan Murah di Tanete Riaja

Bupati Barru, Suardi Saleh, dengan penuh rasa syukur menyebut ini sebagai bagian dari kerja keras dan harapan bersama dengan hasil yang sangat membanggakan.

"Alhamdulillah, predikat A dari hasil penilaian nasional menjadi kado hari jadi ke-62 Barru. Pengumuman Bapak Menpan-RB (Tjahjo Kumolo) atas pelayanan prima DPMPTSP kita semoga menjadi semangat untuk terus berbuat. Kita yakin, Barru Bisa lebih maju dan sejahtera jika semua sinergi berkolaborasi," kata Suardi, Jumat (11/3/2022).

Diketahui, indeks pelayanan publik pemerintah daerah secara keseluruhan, meraih nilai 3,58 yang juga kategori B (Baik), dari hasil lokus evaluasi mencapai 514 UPP yang terdiri atas DPMPTSP serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Indonesia.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Barru, Syamsir, yang selama ini menjadi leader sejak PTSP masih berupa kantor hingga menjadi dinas menyampaikan intisari sukses atas prestasi ini.

"Kepercayaan dan komitmen pimpinan serta kolaborasi semua stakeholder yang membuat kita bersemangat dan membuat satu lagi sejarah yang ditulis dengan tinta emas untuk mempertahankan masa depan pelayanan publik Barru. Alhamdulillah, kita peroleh kategori A. Satu-satunya di Sulsel," sebut Syamsir yang juga Kepala Pengelola Mal Pelayanan Publik.

Ia menyebut hanya 44 DPMPTSP se-Indonesia yang diberi predikat A pelayanan prima. Ia bersama jajarannya termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan khususnya dalam penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Prestasi ini makin istimewa sebab diketahui bahwa secara nasional, walaupun indeks pelayanan publik justru mengalami sedikit penurunan, tetapi kualitas pelayanan dapat terus meningkat. Berdasarkan hasil evaluasi 2021 menunjukkan angka 3,79, turun dari 2020 yakni 3,84. Penurunan itu disebabkan pandemi COVID-19 yang fluktuatif dan penambahan lokus evaluasi secara masif.

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, mengingatkan pemerintah pusat maupun daerah harus konsisten meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Setiap aparatur negara harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkap Tjahjo pada acara penyampaian hasil evaluasi kinerja dan pemberian penghargaan lingkup kementerian/lembaga dan pemerintah daerah 2021.

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

Seluruh jajaran pemerintah dari pusat hingga daerah juga harus menguatkan employer branding Bangga Melayani Bangsa. "Jangan ada lagi ego sektoral dan ego ilmu. Yang dipikirkan adalah bagaimana ASN (aparatur sipil negara) bangga melayani bangsa," ucap Tjahjo.

Dalam kesempatan tersebut, Menpan-RB memberikan penghargaan secara langsung untuk instansi pemerintah yang berhasil meraih predikat A atau pelayanan prima. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh