Rabu, 09 Maret 2022 14:50

Pelindo Bolak-balik ke Barru Tinjau Pelabuhan Garongkong

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) 
meninjau lokasi perencanaan pengembangan di Pelabuhan Garongkong dan Palie, Desa Madello, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Selasa (8/3/2022).
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) meninjau lokasi perencanaan pengembangan di Pelabuhan Garongkong dan Palie, Desa Madello, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Selasa (8/3/2022).

Kawasan Pelabuhan Garongkong sudah dirancang sejak 2009. Peraturan daerahnya pun sudah siap.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dalam kurun waktu dua bulan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sudah dua kali meninjau Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Teranyar, Bupati Barru, Suardi Saleh, menyambut kunjungan kedua rombongan Pelindo di rumah jabatan Bupati Barru, Selasa (8/3/2022). Sebelumnya, perusahaan pelat merah itu juga berkunjung ke Barru pada Februari lalu.

Rombongan dipimpin Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, didampingi Direktur Strategi Pelindo, Prastiyo, Komisaris Pelindo, Mukhtar Andi Lutfhi Mukti, Regional PT Pelindo, Rahmat, dan Kepala Pelindo Parepare, Sardi.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Suardi menyampaikan rasa bahagianya karena Barru makin banyak dilirik investor. Ia pun menyambut baik hal itu termasuk kehadiran Pelindo.

Pelabuhan Garongkong, kata dia, berada di lokasi strategis. Lokasinya masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Untuk mendukung terciptanya KEK ini, pemerintah sudah bebaskan 3.000 hektare tanah dan sudah ditetapkan menjadi kawasan industri. Di atas 3.000 hektare ini tidak ada lagi aktivitas lain selain perindustrian," sebutnya.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Lebih lanjut, Suardi mengatakan, kawasan Pelabuhan Garongkong sudah dirancang sejak 2009. Peraturan daerahnya pun sudah siap. Pemerintah, kata dia, siap untuk mendiskusikan kepada Pelindo untuk rancangan pengembangan.

Direktur Utama PT Pelindo, Arif Suhartono, menyampaikan maksud dan tujuannya ke Barru. Targetnya adalah memberikan perhatian khusus bagi kawasan Indonesia timur dalam mengembangkan kepelabuhanan.

"Kami dari Pelindo, ada beberapa persyaratan dalam pengelolaan pelabuhan. Salah satu persyaratan adalah pelabuhan dengan laut dalam. Kami kira Pelabuhan Garongkong sangat bersyarat karena memiliki kedalaman laut sekitar kurang lebih 23 meter dan lahan kurang lebih 3.000 hektare," ungkapnya.

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

Sejujurnya, kata dia, pihak Pelindo ke Barru mencari lokasi yang menjadi tujuan utamanya. Pelabuhan Garongkong salah satunya yang bersyarat.

Pihak Pelindo juga berkesempatan meninjau lokasi perencanaan pengembangan di Pelabuhan Garongkong dan Palie, Desa Madello, Kecamatan Balusu. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #PT Pelabuhan Indonesia