Rabu, 09 Maret 2022 08:55

Rusia Umumkan Gencatan Senjata Lagi di Ukraina

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasukan Rusia. (Foto: AFP/Vyacheslav Oseledko)
Pasukan Rusia. (Foto: AFP/Vyacheslav Oseledko)

Sel Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan Moskwa mengusulkan untuk menyetujui rute dan waktu mulai koridor kemanusiaan dengan Ukraina sebelum pukul 03.00 waktu Moskwa pada 9 Maret.

RAKYATKU.COM - Rusia mengumumkan akan memberlakukan gencatan senjata kemanusiaan terbaru di Ukraina, Rabu (9/3/2022) pagi waktu setempat, untuk melakukan evakuasi penduduk sipil.

"Mulai pukul 10.00 waktu Moskwa (07.00 GMT) pada 9 Maret 2022, Federasi Rusia menyatakan 'rezim diam' dan siap untuk menyediakan koridor kemanusiaan," kata Sel Kementerian Pertahanan Rusia yang bertanggung jawab atas operasi kemanusiaan di Ukraina, Selasa (8/3/2022), lapor kantor berita Rusia.

Dikutip AFP, Sel Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan Moskwa mengusulkan untuk menyetujui rute dan waktu mulai koridor kemanusiaan dengan Ukraina sebelum pukul 03.00 waktu Moskwa pada 9 Maret.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Sebelumnya, evakuasi warga sipil di Ukraina sempat dilakukan, Selasa (8/3/2022) pagi waktu setempat, khususnya dari Kota Sumy.

Evakuasi warga sipil juga dapat dilakukan di luar ibu kota Ukraina, Kyiv. Namun, upaya evakuasi dari Kota Mariupol telah gagal pada beberapa kesempatan dalam beberapa hari terakhir. Kyiv dan Moskwa saling menyalahkan atas kegagalan itu. (*)

#Perang Rusia Vs Ukraina #Rusia #Ukraina