Rabu, 09 Maret 2022 01:24

Waspada Kanker Serviks, Begini Cara Deteksi Dini

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pentingnya deteksi dini kanker serviks
Pentingnya deteksi dini kanker serviks

"Sementara pencegahan primer itu dengan berhubungan dengan sehat. Jangan berganti-ganti pasangan"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kanker Serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika memasuki stadium lanjut.

Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum masalah muncul.

Serviks atau leher rahim adalah bagian rahim yang terhubung ke vagina. Fungsinya adalah untuk membuat lendir yang membantu mengalirkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Serviks juga berfungsi melindungi dari bakteri dan benda asing dari luar.

Baca Juga : Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS Memberikan Tips Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker Payudara

Dokter spesialis kandungan RSUD Andi Makkasau, Nurhamidar memaparkan pentingnya mendeteksi dini kanker serviks. Di momentum IWD, dr Osse mengajak perempuan menjaga kesehatan dengan mendeteksi dini kanker serviks.

Ia menyebut meski tak bergejala, perempuan disarankan untuk mendeteksi dini serviks-nya. Kata dia, mendeteksi dini sudah disiapkan di puskesmas.

"Jika ada tanda-tanda agar ditangani lebih cepat daripada nanti baru mencari pengobatan. Penanganan harus lebih tinggi," saat didaulat menjadi pembicara dalam peringatan International Woman's Day (IWD) atau Hari Perempuan Sedunia di Parepare , Selasa (8/3). /2022).

Baca Juga : Wali Kota Parepare Ingatkan Perilaku Hidup Sehat Cegah Cacar Monyet

Nurhamidar menjelaskan ada dua cara mendeteksi dini kanker serviks yakni dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pap smear. Dokter kandungan RSUD Andi Makkasau juga mengungkapkan pencegahan kanker serviks ada dua yakni primer dan sekunder.

"Deteksi dini ini adalah pencegahan sekunder. Sementara pencegahan primer itu berhubungan dengan sehat. Jangan ganti-ganti pasangan. Disarankan juga pakai alat kontrasepsi atau kondom," jelas dia.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Hidup sehat #mencegah kanker #deteksi dini