Sabtu, 05 Maret 2022 14:31

ISIS Klaim Bertanggung Jawab Bom Bunuh Diri Jelang Jumatan di Masjid Pakistan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Reuters/Fayaz Aziz)
(Foto: Reuters/Fayaz Aziz)

"Hari ini Jumat seorang petempur ISIS berhasil menyerang sebuah masjid Syiah di Peshawar," kata ISIS di situs propagandanya.

RAKYATKU.COM - Kelompok ISIS mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Kota Peshawar, Pakistan, Jumat (4/3/2022). Sebanyak 56 orang tewas dalam kejadian ini.

"Hari ini Jumat seorang petempur ISIS berhasil menyerang sebuah masjid Syiah di Peshawar," kata ISIS di situs propagandanya, Amaq, dilansir dari AFP, Sabtu (5/3/2022).

Selain korban tewas 56 orang, 194 orang terluka akibat bom bunuh diri yang menjadi serangan paling mematikan di negara itu sejak 2018. Ledakan bom itu menghantam daerah Kocha Risaldar beberapa saat sebelum salat Jumat dimulai.

Baca Juga : Bom Bunuh Diri di Pertemuan Partai Islam Pakistan, 44 Orang Tewas-Lebih dari 100 Luka-Luka

Salah seorang saksi mata mengatakan dua pria bersenjata tiba di dekat masjid dengan sepeda motor dan melepaskan tembakan ketika mereka dihentikan oleh polisi.

Salah satu pria kemudian memaksa masuk ke dalam aula yang ramai dan meledakkan rompi bunuh diri. Pria lainnya tewas sebelum ledakan.

Seorang polisi dilaporkan termasuk di antara yang tewas. Sekitar 150 orang berkumpul di lantai dasar dan lantai satu masjid untuk salat.

Baca Juga : Korban Tewas Ledakan Bom di Masjid Pakistan Jadi 95 Orang, Kebanyakan Petugas Polisi

"Kepanikan menyebar di antara para jemaah ketika penembakan dimulai. Saya berlari untuk menyelamatkan hidup saya," kata seorang pria yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters di rumah sakit tempat ia dirawat karena cedera.

"Tiba-tiba seorang pria masuk dan mulai menembak. Dia menembak banyak orang (dan) kemudian menutup matanya dan meledakkan dirinya. Setelah itu saya tidak tahu apa yang terjadi."

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Sheikh Rashid, mengatakan tidak ada peringatan keamanan sebelum serangan itu dan mengklaim bahwa itu adalah tindakan yang telah direncanakan sebelumnya untuk mengacaukan negara.

Baca Juga : Serangan Bom Terhadap Masjid di Pakistan: 83 Orang Tewas

Pada Oktober 2021 lalu, lebih dari 100 orang tewas dan terluka dalam serangan bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Afghanistan. (*)

#ISIS #Bom Bunuh Diri #Pakistan