Sabtu, 05 Maret 2022 13:44

Gejala, Penyebab, dan Diagnosis Penyakit Asam Lambung

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jika mengidap asam lambung, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat peredanya.

RAKYATKU.COM - Asam lambung merupakan penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja. Naiknya asam lambung ini dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati disertai rasa mulas pada bagian bawah dada.

Penyakit ini bisa terjadi karena naiknya asam lambung ke arah kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran yang menghubungkan lambung dan mulut yang mengalami iritasi. Asam lambung memiliki nama lain yaitu Gastroesophageal reflux disease or GERD.

Seseorang akan mengalami asam lambung sebanyak beberapa kali dalam satu pekan, dan akan mendapatkan gejala paling parah sebanyak satu kali dalam sepekan. Oleh karenanya jika mengidap asam lambung, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat peredanya.

Untuk mengetahui penyakit asam lambung lebih jelas lagi dan berkonsultasi dengan dokter. Kamu bisa men-download aplikasi Klik Dokter, download di sini

Nah, buat kamu makin paham lagi tentang penyakit asam lambung. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Penyebab Asam Lambung
Umumnya asam lambung akan muncul keluhan atau gejalanya setelah salah mengonsumsi makanan atau minuman. Karena beberapa jenis makanan dapat memicu produksi asam lambung berlebihan, yang membuat permukaan lambung menjadi iritasi.

Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab asam lambung yang harus Anda ketahui.
-Minuman, minuman seperti minuman yang beralkohol, mengandung kafein, dan minuman bersoda merupakan salah satu penyebab asam lambung naik
-Makanan, makanan yang berlemak, atau mengandung banyak asam, dan dimakan dengan cara yang terlalu cepat dan porsi yang banyak dapat menyebabakan asama lambung naik
-Kecemasan dan stres
-Berat badan berlebihan atau obesitas
-Kehamilan
-Merokok
-Obat, seperti antibiotik, OAINS, dan obat lainnya

2. Diagnosis Asam Lambung
Dokter akan melakukan wawancara medis untuk melakukan diagnosis penyakit asam lambung. Biasanya dokter akan menanyakan gejala apa saja yang dirasakan dan melakukan pemeriksaan fisik terutama pada bagian perut. Selain itu, pemeriksaan lain juga bisa dilakukan seperti USG perut, breath test untuk menilai infeksi H pylori, dan endoskopi.

3. Gejala Penyakit Asam Lambung
Penyakit asam lambung memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai.
-Nyeri pada bagian perut atas atau ulu hati dan terasa panas atau terbakar
-Mudah merasakan kenyang
-Rasa kenyang yang berlebihan sesudah makanan
-Muntah dan perut kembung

4. Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai
Selain gejala umum di atas ada beberapa gejala asam lambung yang harus diwaspadai dan perlu diberikan penanganan khusus.
-Usia di atas 55 tahun yang mengalami kekambuhan berulang
-Penurunan berat badan secara drastis
-Susah menelan
-Sering muntah
-Anemia dan defisensi besi
-Terdapat benjolan pada perut
-Sering murah darah dan BAB berdarah

5. Pengobatan Asam Lambung
Pengobatan asam lambung yang pertama kali harus dilakukan yaitu memeriksakan diri ke dokter. Umumnya dokter akan memberikan beberapa saran pengobatan asam lambung sebagai berikut.
-Hindari faktor yang menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan, minuman, dan merokok
-Menyarankan pola hidup sehat dan rutin berolahraga
-Memberikan resep obat seperti jenis antacid, Proton pump inhibitor (PPI), H2 blocker, dan antibiotik

6.Obat-obatan Penyakit Asam Lambung
Penyakit asam lambung bisa diatasi dengan beberapa obat yang bisa Anda beli di apotek. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk mengobati asam lambung.
-Antasida
-H2 receptor blockers (cimetidine, ranitidine, famotidine , nizatidine)
-Proton pump inhibitor (lansoprazole, esomeprazole, rabeprazole, pantoprazole.)
-Obat penguat sfingter esofagus bagian bawah

7. Pengobatan Asam Lambung Naik di Rumah
Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga bisa meredakan penyakit asam lambung secara alami di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan memelihara kesehatan lambung dengan pola hidup di rumah.

Berikut di bawah ini cara-cara meredakan atau menyembuhkan asam lambung di rumah.

1. Makan dengan teratur
Asam lambung naik bisa dipicu dari pola makan yang tidak teratur. Jadi, Anda yang memiliki riwayat asam lambung harus memiliki jam makan yang teratur tiap harinya.
Anda sebaiknya tidak makan selama dua jam sebelum tidur, sebab kebiasaan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan saat tidur.

2. Menghindari Makanan
Cara mencegah asam lambung berikutnya yaitu dengan menghindari makanan yang memicu asam lambung. Beberapa makanan tersebut seperti soda, cokelat, alkohol, makanan yang digoreng, daging berlemak tinggi, susu, kafein, bawang bombai, tomat, dan buah citrus.

3. Memperhatikan Porsi Makan
Porsi makanan yang berlebihan dan kurang juga merupakan pemicu asam lambung yang naik. Untuk mengatasinya Anda bisa makan dengan sering dalam porsi yang kecil agar tidak memicu refluks.

4. Mengunyah Makanan dengan Benar
Mengunyah makanan memang merupakan hal yang sepele, tetapi sebenarnya memiliki efek yang besar karena ketika mengunyah makanan dengan baik Anda dapat membantu enzim pencernaan untuk mengolah makanan dengan mudah. Enzim makanan yang bekerja dengan normal akan membantu kamu menunjukan resiko terserang penyakit asam lambung.

5. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Lambung
Untuk mengobati asam lambung kamu diharuskan memakanan makanan yang baik untuk lambung. Jadi, selain rutin makanan dan memperhatikan porsi makanan, asupan makanan yang Anda konsumsi harus baik untuk lambung.

Jangan sampai salah pilih makanan yang justru membuat asam lambung naik.
Biar Anda tidak salah dalam memilih makanan yang baik untuk lambung, berikut adalah makanan yang baik untuk lambung.
-Pisang
-Oatmeal
-Sayuran hijau
-Putih telur
-Jahe
-Daging tanpa lemak
-Lidah buaya

Nah, sekarang Anda sudah tahun lebih jelas, kan, tentang penyakti asam lambung. Semoga bermanfaat. (*)

#Konsultasi Dokter