Jumat, 04 Maret 2022 17:19

Mubes IKA Unhas, JK Harap Berjalan Kondusif: Jangan Ada Pukul Meja, Anda Bukan Mahasiswa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)
Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)

JK juga menyampaikan dirinya yang jadi nakhoda IKA Unhas sampai jangka waktu yang lama, kurang lebih 25 tahun. Dia berharap saat tongkat estafet kepemimpinan berganti, bisa membawa IKA Unhas menjadi lebih baik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) mulai berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (4/3/2022).

Ketua Umum IKA Unhas, Jusuf Kalla (JK), dalam sambutannya sangat berharap mubes kondusif tanpa konflik. "Saya mengharapkan mubes ini dilakukan dengan riang gembira. Tidak dilakukan dengan pukul-pukul meja. Anda bukan mahasiswa lagi," ucap JK.

JK mewanti-wanti jangan sampai kisruh seperti aksi demonstrasi mahasiswa. "Betul-betul presiden pernah tanya, 'Pak JK, kenapa di Makassar selalu mahasiswa itu ngamuk-ngamuk?' Saya bilang karena emosinya tinggi. Nah, dalam pertemuan ini, saya yakin Anda tidak lagi sebagai mahasiswa Unhas, tapi alumni Unhas," kata Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 ini.

Baca Juga : Mengenang 40 Tahun Wafatnya Kalla dan Athirah, Quraish Shihab: Beliau Beragama dengan Sangat Teliti

JK tidak mempersoalkan mekanisme pemilihan ketua. Yang jelas, kata dia, semua pihak bisa menetima hasil dengan legawa. "Saya yakin itu nanti hasilnya bisa aklamasi, bisa voting dengan baik. Yang jelas terima apa pun hasil dari mubes ini," tutur JK.

JK juga menyampaikan dirinya yang jadi nakhoda IKA Unhas sampai jangka waktu yang lama, kurang lebih 25 tahun. Dia berharap saat tongkat estafet kepemimpinan berganti, bisa membawa IKA Unhas menjadi lebih baik.

"Saya katakan tahun ini saya berumur 80 tahun ini, sudah lewat sebenarnya waktunya untuk menyerahkan kepada yang muda-muda. Cuma bukan saya minta, selalu diminta. Jadi, sekarang saya menolak untuk ikut lagi dalam pemilihan ketua umum IKA. Serahkan teman-teman yang lebih muda, lebih mampu. Sekali lagi, tugas IKA alumni meningkatkan kerja sama alumni dan universitas," terangnya.

Baca Juga : JK-Quraish Shihab Memiliki Hubungan Persahabatan yang Kuat

Perhelatan akbar alumni kampus merah ini berlangsung meriah dihadiri sedikitnya 500 peserta dari berbagai fakultas, jurusan, wilayah, dan daerah. Selain itu, ribuan alumni menyaksikan prosesi pembukaan melalui live streaming YouTube, Zoom, Instagram, serta media sosial lainnya.

Sponsored by MGID

Mubes IKA Unhas akan berlangsung hingga 6 Maret 2022. Selain membahas AD/ART IKA Unhas, para peserta juga akan memilih calon pengganti JK. Sejumlah figur yang disebut-sebut akan bersaing.

Mereka adalah Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian), Suhardika Duka (Anggota DPR RI), Darwis Ismail (Ketua ISLA Unhas), Idrus Paturusi (eks Rektor Unhas), Andi Amran Sulaeman (eks Menteri Pertanian), Muh. Suaib Mappasila (Staf Ahli Komisi III DPR RI), Haedar A. Karim (Direktur Utama PT Nindya Karya), dan Andi Ina Kartika (Ketua DPRD Sulsel). (*)

#Mubes IKA Unhas #Jusuf Kalla