Rabu, 02 Maret 2022 08:26

Surat Ukraina untuk Rakyat Indonesia: Dukunglah Kami, Merdeka atau Mati!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: AP Photo/Valeria Mongelli)
(Foto: AP Photo/Valeria Mongelli)

"Anda adalah bangsa bijak yang mampu menepis rayuan tipuan komunis dan tak tunduk padanya," demikian sepenggal petikan dalam surat itu.

RAKYATKU.COM - Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina di Indonesia mengirim surat terbuka, Selasa (1/3/2022). Surat itu ditujukan kepada rakyat Indonesia terkait invasi Rusia.

Dalam surat itu, Kedubes Ukraina di Indonesia meminta dukungan dari rakyat Indonesia. Mereka menyinggung perjuangan Indonesia saat merebut kemerdekaan.

Rusia menyerang Ukraina sejak Rabu (23/2/2022). Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat sedikitnya 136 warga sipil tewas, termasuk 13 anak-anak, dan 400 lainnya terluka.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Isi lengkap Surat dari Kedubes Ukraina di Indonesia

Bangsa Indonesia!

Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis.

Anda adalah pewaris kerajaan-kerajaan besar Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya, yang berhasil melumpuhkan para penjajah Mongol yang kala itu tak terkalahkan. Anda adalah penerus memori tentang perjuangan melawan para penjajah demi kemerdekaan dan kebebasan bangsa di abad 19-20.

Baca Juga : Kemendikbudristek Kembali Gelar Pekan Kebudayaan Nasional, “Merawat Bumi Merawat Kebudayaan”

Anda adalah bangsa bijak yang mampu menepis rayuan tipuan komunis dan tak tunduk padanya.

Anda unik dalam keragaman Anda, Anda bebas pula perkasa. Anda adalah pilar perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Suara Anda yang penuh keyakinan serta keteguhan terdengar jelas di Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan pelosok dunia nan jauh.

Saya percaya bahwa hari ini Anda tidak dapat mengelak dari tragedi sejarah modern yang mengerikan ini – yaitu serangan diktator Rusia, Putin, yang membawa malapetaka bagi negara Ukraina yang sejahtera. Anda tidak dapat diam diri menyaksikan Federasi Rusia, sang penerus rezim komunis, melakukan tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan hari lepas hari di kota-kota dan desa-desa Ukraina.

Serangan roket besar-besaran di daerah pemukiman kota, pemboman fasilitas infrastruktur, pembunuhan penduduk sipil Ukraina, serangan teroris di rumah sakit, panti asuhan, sekolah dan taman kanak-kanak.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Di Ukraina, ini adalah hari keenam berjalannya perang. Sesungguhnya, perang itu mengerikan, penuh tumpahan darah juga kekejian. Dari antara warga sipil, ada ratusan orang binasa dan terluka, ribuan anak yatim, dan ratusan ribu pengungsi.

Ukraina tidak bertekuk lutut terhadap ancaman kematian, sama seperti Indonesia tidak menyerah 70 tahun yang lalu. Kami akan berdiri tegak dan meraih kemenangan. Namun dengan dukungan Anda, maka kemenangan dapat kami raih dengan lebih mudah, lebih pasti dan lebih cepat.

Dalam perjuangan demi perdamaian dan kebahagiaan, Ukraina harus membayar harga mahal setiap harinya – dengan nyawa putra dan putri, saudara dan saudari, serta anak dan cucunya.

Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami. Lagi pula, jika kami gugur, maka sistem keamanan global dan prinsip hidup berdampingan secara damai dan prinsip pembangunan, yang telah dipelihara dengan saksama oleh dunia pasca tragedi Perang Dunia II, yang saat ini sedang coba direbut oleh Rusia dan Putin dari genggaman kami dan Anda, juga pasti akan runtuh.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Para pahlawan kini melihat kita sama seperti dahulu kala – di tahun 1940-an. Kita tidak punya hak untuk tetap membisu. Jika terus begitu, maka kita tidak akan memiliki hari esok.

Rakyat Indonesia, dukunglah kami.
Merdeka atau mati!

#Perang Rusia Vs Ukraina #Ukraina #Rusia #Indonesia