Selasa, 01 Maret 2022 13:40

Bupati Gowa Ingatkan Pegawai Damkar Selalu Tingkatkan Kompetensi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Tugas Damkar saat ini juga menyelamatkan manusia dari hewan-hewan lainnya yang ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar.

GOWA -- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tahun 2022 secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, pada Selasa (1/3).

Ditemui usai mengikuti Upacara HUT Damkar,  Adnan berharap di usia ke-103 ini, Damkar terus meningkat kualitas dan kompetensi seluruh personel sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Apalagi kata Adnan, tugas Damkar saat ini juga semakin kompleks. Tidak hanya berfokus pada pemadaman kebakaran, tetapi juga Damkar saat juga sudah bertransformasi menjadi penyelamatan.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

"Karena fungsi Damkar saat ini bukan hanya pihak pemadaman kebakaran. Tetapi fungsinya juga sudah masuk menjadi penyelamatan, misalnya menyelematkan manusia dari sarang tawon dan ataupun hewan-hewan lainnya yang ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Gowa, Rostam Razak juga berharap di usia Ke-103 ini Damkar bisa semakin memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Khusus di jajaran Damkar Gowa dirinya kedepan bisa menjalankan tugas dengan baik, disiplin dan terus meningkatkan kompetisi.

"Sehingga kedepan kita terus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan hanya berkaitan dengan kebakaran, tetapi juga pelayanan non kebakaran," ungkapnya.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Dirinya menyebutkan dalam menjalankan tugas, Damkar mengenal istilah Panca Dharma yaitu Pencegahan dan Pengendalian kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelematan, Pemberdayaan Masyarakat dan penanganan bahan berbahaya.

"Jadi inilah ruang lingkup pemadam kebakaran, jadi misalnya penanganan sarang tawon dan ular, ini merupakan salah satu bentuk rescue atau penyelamatan, yaitu menyelamatkan manusia dari serangan tawon," ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA saat menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-103 Damkar berharap menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan dedikasinya dan profesionalismenya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

"Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya api dan kondisi darurat, Pemadam Kebakaran telah menunjukkan presentasi yang luar biasa. Penuh komitmen dalam memberikan layanan kedaruratan kepada seluruh warga masyarakat," ungkapnya.

Olehnya itu dirinya juga berharap kedepan seluruh personel pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk meningkatkan kompetensi sehingga mampu bekerja semakin profesional.

"Diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan di pusat dan di daerah untuk menjadikan pemadam kebakaran dan penyelamatan menjadi perangkat daerah yang profesional, berkemampuan, dan mandiri," harapnya.

 
#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan