Senin, 28 Februari 2022 20:10

Harga Elpiji Non Subsidi Naik

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gas LPG
Gas LPG

"Yang mengalami kenaikan hanya elpiji nonsubsidi yaitu elpiji 5,5kg dan 12kg"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mengumumkan kenaikan harga gas Elpiji non subsidi mulai hari ini, Minggu (27/2/2022).

Elpiji nonsubsidi 5,5kg dan 12kg diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 27% dari harga bulan desember 2021. Kenaikan ini dipengaruhi oleh kondisi minyak dan gas dunia.

Sr Supervisor Communication & Relation PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan saat di wawancara minggu (27/2) mengatakan kenaikan harga elpiji nonsubsidi mulai berlaku pertanggal 27 februari 2022.

Baca Juga : Polemik Depo Pertamina, Wali Kota Makassar dan DPRD Diminta Turun Tangan

"Yang mengalami kenaikan hanya elpiji nonsubsidi yaitu elpiji 5,5kg dan 12kg. Untuk elpiji 3kg tetap mengikuti harga yang ditetapkan daerah masing-masing," ungkapnya.

Taufiq juga mengatakan kenaikan elpiji nonsubsidi ini ditentukan oleh kenaikan harga minyak dan gas dunia dan untuk menentukan harga gas dan minyak dunia digunakan standar Contract Price Aramco (CPA).

"walaupun sebenarnya kita bisa memproduksi sendiri tetapi tetap mengikuti alur penentuan harga pasaran dunia, sehingga terjadi kestabilan harga di dunia," tambahnya.

Baca Juga : Pertamina Umumkan Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Mulai 1 Agustus 2023

"Meski harga Elpiji nonsubsidi naik kami tetap mempertimbangkan beberapa faktor tidak juga serta merta naik secara drastis mengikuti pasar global, tetapi tetap menyesuaikan dengan keterjangkauan masyarakat," jelasnya.

Taufik menerangkan bahwa secara nasional konsumsi elpiji nonsubsidi hanya sebesar 6,7% elpiji dan untuk konsumsi elpiji nonsubsidi Sulsel sebesat 10%.

Ia berharap masyarakat bisa lebih adaptif, tidak disikapi secara berlebihan, apalagi melihat situasi global seperti saat ini antara negara rusia dan Ukraina yang pastinya akan membawa dampak terhadap harga minyak dan gas didunia.

Baca Juga : Pertamina Naikkan Harga BBM Nonsubsidi Mulai 1 Juli 2023

"Kami juga menyarankan kepada ex agen untuk menyesuaikan harga dengan tidak berlebihan menaikan harga dari harga ex agen melihat kondisi situasi seperti ini," tutupnya.

Penulis : Lisa Emilda
#lpg #Pertamina