Sabtu, 26 Februari 2022 09:34

Sambil Tenteng Senjata, Mantan Presiden Ukraina Turun ke Jalan Sebut Putin Gila

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Petro Poroshenko. (Foto: CNN)
Petro Poroshenko. (Foto: CNN)

"Dia benar-benar gila. Dia sungguh jahat untuk datang ke sini untuk membunuh warga Ukraina," ketusnya.

RAKYATKU.COM, KIEV - Mantan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, turun ke jalanan ibu kota Kiev sambil menenteng senjaga saat pasukan Rusia menginvasi.

Poroshenko yang dikelilingi pasukan pertahanan ini menyebut Presiden Rusia, Vladimir Putin, sangat gila karena menginvasi Ukraina.

Poroshenko yang menjabat Presiden Ukraina periode 2014-2019 sempat berbicara dengan CNN pada Jumat (25/2/202) pagi dari jalanan Kiev. Dia mengatakan bahwa rakyat Ukraina siap membela negara mereka.

Baca Juga : Joe Biden Tegaskan Ukraina Tidak Akan Jadi Kemenangan Rusia

"Semua orang harus memahami, Putin menyatakan perang bukan untuk Ukraina. Putin menyatakan perang untuk seluruh dunia," ucap Poroshenko.

Dia kemudian menyebut Putin gila. "Dia benar-benar gila. Dia sungguh jahat untuk datang ke sini untuk membunuh warga Ukraina," ketusnya.

Poroshenko menuturkan, batalion pasukan bersenjata yang bersamanya berada di lokasi yang berjarak hanya 2--3 kilometer dari medan pertempuran antara tentara Ukraina dan pasukan Rusia.

Baca Juga : Mantan PM Israel: Putin Berjanji Tak Akan Membunuh Presiden Ukraina

Poroshenko juga menuturkan, Ukraina membutuhkan bantuan negara-negara Barat, baik melalui sanksi hingga memblokir pesawat dan kapal Rusia di Uni Eropa dan negara-negara NATO.

Poroshenko pun berterima kasih kepada Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang telah menyediakan persenjataan defensif untuk Ukraina. "Ini penting bagi kami bahwa kami merasa kami tidak sendirian, bahwa Anda bersama kami," ucapnya.

Presiden kelima Ukraina ini menyatakan Putin tidak akan pernah bisa menguasai Ukraina. "Tidak peduli berapa banyak tentara yang dia bunuh, berapa banyak rudal yang dia miliki, berapa banyak senjata nuklir yang dia miliki, kami warga Ukraina merupakan orang-orang bebas dengan masa depan Eropa yang hebat," katanya. (*)

#Perang Rusia Vs Ukraina #vladimir putin #Petro Poroshenko