Sabtu, 26 Februari 2022 08:17

PT Poso Energy Tuntaskan Pembangunan Proyek PLTA 515 MW, Diresmikan Langsung Presiden Jokowi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian dilaksanakan di lokasi pelataran Power House PLTA Poso Extension Stage 2 Desa Sulewana, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (25/2/2022).
Peresmian dilaksanakan di lokasi pelataran Power House PLTA Poso Extension Stage 2 Desa Sulewana, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (25/2/2022).

PLTA Poso 515 MW diharapkan dapat beroperasi secara komersial sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2018--2028 sampai dengan RUPTL 2021--2030.

RAKYATKU.COM - PT Poso Energy berhasil menuntaskan pembangunan konstruksi proyek PLTA Poso kapasitas 515 megawatt (MW) di Desa Sulewana, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dengan total komitmen energi yang dijual ke PT PLN (Persero) sebesar 1.669 gigawatt hour (GWH).

PT Poso Energy yang merupakan anak perusahaan dari PT Hadji Kalla yang bergerak di bidang kelistrikan, membangun PLTA Poso 515 MW dalam dua tahap. Tahap pertama, PLTA Poso existing dengan kapasitas 3x65 MW beroperasi sejak Desember 2012. Sementara, tahap kedua PLTA Poso extension dengan kapasitas 4x30 MW dan kapasitas 4x50 MW telah selesai pembangunan sejak Desember 2021.

PLTA Poso 515 MW diharapkan dapat beroperasi secara komersial sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2018--2028 sampai dengan RUPTL 2021--2030.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

Sementara, PT Malea Energi yang juga merupakan anak perusahaan PT Hadji Kalla, telah menyelesaikan pembangunan PLTA Malea dengan kapasitas 2x45 MW di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel).

PLTA ini telah beroperasi secara komersial pada 2021 dengan total komitmen energi yang dijual ke PLN sebesar 474 GWH. Keunggulan PLTA Malea merupakan PLTA pertama di Indonesia menggunakan surge tank tipe Air Cushion Surge Chamber (ACSC).

PLTA Poso 515 MW dan PLTA Malea 90 MW diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Peresmian dilaksanakan di lokasi pelataran Power House PLTA Poso Extension Stage 2 Desa Sulewana, Jumat (25/2/2022) dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

"Hari ini tentunya menjadi kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami dengan hadirnya Bapak Presiden (Jokowi) meresmikan PLTA Poso. PLTA ini sangat ramah lingkungan dan dikerjakan 100 persen warga negara Indonesia," kata Solihin Jusuf Kalla, President Director Kalla Group.

"PLTA Poso sekaligus menjadi bentuk komitmen kami untuk melaksanakan pembangunan dalam meningkatkan kehidupan masyarakat secara bersama-sama sesuai dengan visi misi perusahaan. Kehadiran PLTA Poso pun membuat sistem kelistrikan di Sulawesi Bagian Selatan memiliki bauran energi baru terbarukan (EBT) yang begitu besar," imbuhnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Peresmian dihadiri Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM, Arifin Tasrif, jajaran direksi PLN, Dirjen EBTKE, Dirjen Gatrik, Dirjen ANEKA EBTKE, Ketua Umum Kadin, pimpinan bank sindikasi, para kepala daerah, Kapolda Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV/Hasanuddin, serta Jusuf Kalla, Direksi PT Poso Energy, Direksi PT Malea Energi, dan para pemegang saham. Selain itu, juga dihadiri para pejabat daerah setempat dan tokoh masyarakat.

#PT Poso Energy #Kalla Group #PT Hadji Kalla #Joko Widodo