Selasa, 22 Februari 2022 16:26

Pra Rakorsus Zoom Meeting dengan Wali Kota, PDAM Makassar dapat Tugas Khusus Tingkatkan Pelayanan Air Bersih

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjabat direksi PDAM Makassar serta Kepala Bagian terkait saat persiapan mengikuti Zoom Meeting dengan Wali Kota Makassar,  Moh Ramdhan Pomanto,  Selasa, (22/2/22).
Penjabat direksi PDAM Makassar serta Kepala Bagian terkait saat persiapan mengikuti Zoom Meeting dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Selasa, (22/2/22).

Beni Iskandar menyampaikan, ia segera akan menginisiasi rencana penambahan debit produksi pada Instalasi pengolahan air di Sombaopu dari kapasitas sekarang 1.000 ltr/detik menjadi 1.500 ltr/detik ditahun 2022 ini dan akan ditingkatkan lagi menjadi 1.750 ltr/detik tahun 2023-2024.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Hari ini, Selasa 22 Februari 2022, seluruh SKPD Lingkup Pemerintah Kota mengikuti arahan Wali Kota Kota Makassar melalui Zoom Meeting termasuk Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

Dalam arahannya kepada PDAM, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mencanangkan program semua Warga Makassar wajib dapat air bersih. Dimana, program tersebut memang menyasar beberapa kawasan karena masih banyaknya pengaduan yang Wali kota terima, khusus daerah Timur dan Utara kota.

Menyikapi arahan Wali kota tersebut, Penjabat Direktur Utama PDAM Makassar, Beni Iskandar yang didampingi oleh Penjabat Direktur Tehnik, Arifuddin Hamarung dan Penjabat Keuangan Asdar Ali serta Pejabat Kepala Bagian terkait. Mereka semua turut mengikuti Meeting Zoom tersebut dan langsung memaparkan program dan rencana yang disampaikan kepada Wali kota.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

Beni Iskandar dalam pemaparannya menyampaikan, ia segera akan menginisiasi rencana penambahan debit Produksi pada Instalasi Pengolahan Air di Sombaopu dari kapasitas sekarang 1.000 ltr/detik menjadi 1.500 ltr/detik ditahun 2022 ini dan akan ditingkatkan lagi menjadi 1.750 ltr/detik tahun 2023-2024.

"Selain itu, juga akan membangun IPA baru disekitar kawasan BTP dengan kapasitas 2x200 liter/dtk yang nantinya akan difokuskan ke daerah Sudiang, Kima, Tallasa City dan Summarecon serta daerah lain yang berbatasan seperti, Desa Nelayan, Untia dan Salodong."ungkap Beni.

Adapun soal biaya pembangunannya sendiri akan diupayakan dalam skema Investasi mandiri atau menggandeng Perbankan atau Pihak ke-3.

Baca Juga : Kepala Bappeda Makassar Dampingi Wali Kota Danny Tinjau Proyek MGC

Selanjutnya masih dalam rencana Program Semua Warga Makassar wajib dapat air, Beni mengutarakan bahwa segera akan direalisasikan.

"Memang beberapa perencanaan kita di tahun 2022 ini akan segera dilaksanakan diantaranya, beberapa IPA akan diadakan Uprating untuk menjamin ketersediaan air bagi seluruh pelanggan, yaitu IPA 2 Panaikang, saat ini produksi air kita di IPA 2 sekitar 1.000 ltr/detik akan di tingkatkan 1.500 ltr/dtk ditahun 2022 dan menjadi 1.750 ltr/dtk tahun 2023, Sabagai supply air utama untuk daerah Utara dan Timur Kota."lanjut Beni.

Kemudian IPA 3 Antang yang saat ini 100 ltr/detik menjadi 135 ltr/detik di tahun ini dan akan menjadi 150 ltr/detik tahun 2022. Instalasi ini yang akan memback-up kebutuhan air untuk kawasan Nipa-Nipa, Blok 10, Perum Gubernur, Kompleks Pemda dan sekitarnya sehingga tidak ada lagi Penggiliran air dan semua masyarakat di Manggala dapat menikmati air bersih.

Baca Juga : Nuansa Lebaran, Beni Harapkan Semangat Tinggi dari Pegawai Perumda Air Minum Kota Makassar

Yang paling utama juga, Kata Beni adalah penambahan Debit Produksi di IPA 3 Maccini Sombala yang saat ini hanya 200 ltr/detik akan ditambah menjadi 300ltr/detik di tahun ini dan akan menjadi 350 ltr/detik pada tahun 2024 yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan air di daerah Barombong sebagai kawasan berkembang serta sebagian ke Utara dan Selatan Kota.

"Artinya dalam waktu dekat Insha Allah tidak ada lagi kawasan di Kota Makassar yang tidak terlayani air bersih. "tambahnya.

Dan yang terakhir yakni, peremajaan Booster Gatot Subroto yang ditargetkan selesai bulan Februari ini dan akan diuji coba Bulan Maret yang mana akan melayani daerah sekitar Kelurahan Tallo dan Buloa agar daerah tersebut bisa menikmati air sepanjang waktu.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

"Sebagai Informasi tambahan bahwa seluruh Program ini akan dikawal penuh oleh BPKP, Datun Kejaksaan Negeri Makassar dan KorsupGa KPK-RI, Karena Perkiraan kami biaya yang dibutuhkan sekitar 30 Milyard jadi perlu pendampingan agar semua tepat sasaran dan pada akhirnya tidak bersangkutan dengan Masalah Hukum dikemudian hari," tutup Beni.

#Wali Kota Makassar #danny pomanto #pdam makassar #Air bersih