Selasa, 22 Februari 2022 15:58

DPMPTSP Kolaka Utara Ingin Tiru Barru, Ciptakan Kemudahan Pelayanan bagi Warga

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kolaka Utara di Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Kabupaten Barru, Selasa (22/2/2022).
Rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kolaka Utara di Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Kabupaten Barru, Selasa (22/2/2022).

Kepala DPMPTSPTK Kabupaten Barru selaku penanggung pengelalola MPP, Syamsir, mempresentasikan sejarah perjalanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dalam upaya mewujudkan keberadaan MPP.

RAKYATKU.COM, BARRU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga Kabupaten Barru kembali kedatangan tamu kunjungan studi tiru di tanggal cantik, Selasa (22/02/2022). Yang datang kali ini adalah rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kolaka Utara.

Rombongan dipimpin Kepala Bidang Pengaduan DPMTSP, Hatma, dengan mengikutsertakan beberapa pejabatnya.

Kepala DPMPTSPTK Kabupaten Barru selaku penanggung pengelalola MPP, Syamsir, menyambut hangat dengan diskusi dan berbagi informasi di lantai dua ruang rapat MPP.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Dalam kesempatan ini, Syamsir mempresentasikan sejarah perjalanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dalam upaya mewujudkan keberadaan MPP.

"Inisiasi dan komitmen kepala daerah merupakan landasan paling utama dalam mengawali proses pembangunan Mal Pelayanan Publik," ujar Syamsir memulai pembicaraan.

Dia juga menjelaskan bahwa awal terbentuknya MPP Masiga sudah ada 21 instansi dengan 91 produk layanan. Sementara, pada 2022 ini sudah ada tambahan, yakni Kejaksaan Negeri Barru dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Parepare serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barru, maka total menjadi 24 instansi dan 108 produk layanan.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Setelah pemaparan yang langsung oleh Kepala DPMPTSP Barru, dilanjutkan diskusi tentang regulasi serta berbagai hal pendalaman teknis pengelolaan MPP dengan Online Single Submision (OSS) dan dinamika daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Tanpa ada dukungan dari kepala daerah (Bupati Barru, Suardi Saleh), mustahil proses selanjutnya dapat kami lalui," urainya.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama, setelah sebelumnya rombongan tur melihat gerai-gerai layanan yang terdapat di lantai satu dan dua MPP.

Baca Juga : 145 ASN PPPK Pemkab Barru Teken Perjanjian Kerja

Pimpinan kunjungan studi Kolaka Utara, Hatma, mengutarakan maksud kunjungan ini untuk melakukan konsultasi dan koordinasi soal implementasi MPP di Barru yang sudah berjalan selama dua tahun.

"Kami di Kolaka Utara juga merencanakan untuk menciptakan MPP. Kami ingin memperoleh pemahaman mengenai praktik, baik yang selama ini dilakukan oleh DPMPTSPTK Barru dalam mengawal operasionalisasi MPP dan penyelenggaraan pelayanan perizinan," sebut Hatma.

Pejabat DPMPTSP Kolaka utara lainnya, Ridwan, dengan lugas mengutarakan apresiasi dan kekagumannya terhadap MPP Masiga Barru dan berharap agar di Kolaka Utara juga hadir MPP.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

Diketahui, gedung layanan MPP Masiga dengan Menara Kantor Bupati Barru sebagai landmark Barru yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, pada hari jadi Barru Ke-60, hal ini berarti telah dua tahun layanan yang memudahkan perizinan dan pelayanan publik lainnya ini beroperasi dan terus menjadi rujukan percontohan nasional untuk Indonesia timur. (*)

#Pemkab Barru #DPMPTSPTK Barru #Mal Pelayanan Publik