Senin, 21 Februari 2022 08:57

Obat Kumur Bisa Bantu Redakan Gejala COVID-19, Ada Cara Tersendiri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Thinkstockphotos)
Ilustrasi. (Foto: Thinkstockphotos)

Berkumur selama 1 menit sebanyak 3 kali sehari dapat membantu proses pemulihan dan menurunkan tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien.

RAKYATKU.COM - Berkumur dengan bahan tertentu disebut bisa membantu meredakan gejala COVID-19. Namun, ada cara tersendiri.

Pasien COVID-19, khususnya yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, dianjurkan berkumur tiga kali sehari. Ini untuk membantu pemulihan dan menekan gejala.

Menurut dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKGUI), drg. Andrianto Soeprapto, kumur-kumur bisa membantu membersihkan partikel asing, seperti bakteri dan virus yang menempel pada saluran pernapasan.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

"COVID-19 menyebabkan kerusakan sel epitel yang menyebabkan mekanisme pembersihan terganggu sehingga lendir yang mengandung virus terutama di saluran pernapasan. Dengan mulut di mulut dan rongga belakang, membasmi virus secara mekanik," ujar Andri dikutip dari Detik.com, Senin (21/2/2022).

Berdasarkan hasil riset, Andri juga memaparkan bahwa berkumur selama 1 menit sebanyak 3 kali sehari dapat membantu proses pemulihan dan menurunkan tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien.

Bahkan orang yang tak terinfeksi COVID-19, tetapi banyak beraktivitas di luar rumah, bisa menekan risiko penempelan virus pada dinding saluran napas dengan berkumur.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Pembelajaran Tatap Muka Pemkot Makassar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Masyarakat sesudah keluar rumah beraktivitas, pulang ke rumah kita coba berkumur. Diharapkan kumur dapat membilas virus-virus yang menempel pada dinding saluran napas. Jadi mencegah virus berkembang lebih jauh, menginfeksi tubuh kita semakin dalam," terangnya.

Sponsored by MGID

"Kedua sebagai perawatan farmakologis pada masyarakat yang telah terinfeksi Sars-COV-2 terutama masyarakat yang melakukan isoman di rumah untuk mempercepat penyembuhan dan menurunkan risiko penyebarannya," lanjutnya.

Berikut cara berkumur untuk membantu proses penyembuhan pada pasien COVID-19 dan mencegah penularannya.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

-Siapkan 15 ml obat kumur dalam gelas takar

-Lakukan dua kali tahap berkumur yaitu 30 detik pada rongga mulut, dilanjut 30 detik di tenggorokan belakang dengan kepala tengadah ke atas

-Lakukan kumur-kumur sebanyak tiga kali sehari

Baca Juga : Ini Pesan Kemenag ke Jemaah Haji Agar Tidak Terpapar COVID-19

Sumber: Detik.com

 

#Obat Kumur #Covid-19