Senin, 14 Februari 2022 16:12

Lima Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Shutterstock/Agus Syafiudin.
Foto: Shutterstock/Agus Syafiudin.

Pesona Pulau Belitung terletak pada wisata bahari yang tidak ada habisnya. Pulau ini menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata pantai hingga danau.

RAKYATKU.COM - Anda pasti sudah familiar dengan sebuah pulau bernama Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia. Pulau Belitung sendiri terkenal dengan rempah lada putihnya yang biasa disebut sahang, bahan tambang timah putih, batu satam, dan tanah liat.

Pulau ini mulai naik daun semenjak keindahannya terpampang nyata di salah satu film terbaik yang ada yaitu "Laskar Pelangi". Berawal dari sebuah novel yang kemudian diangkat menjadi sebuah film, Andrea Hirata berhasil menunjukkan keindahan Pulau Belitung sehingga banyak orang ingin datang berkunjung.

Pesona Pulau Belitung terletak pada wisata bahari yang tidak ada habisnya. Pulau ini menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata pantai hingga danau. Karena keindahannya, pulau yang terletak bersebelahan dengan Pulau Bangka ini dijuluki sebagai surga di barat Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu dengan berlibur di Pulau Belitung, Anda bisa pergi dengan menggunakan pesawat. Salah satu maskapai penerbangan domestik yang bisa membawa Anda ke Pulau Belitung adalah NAM Air. Maskapai ini merupakan anggota dari maskapai Sriwijaya Air Group yang didirikan sejak 2013.

NAM Air merupakan maskapai pengumpan kelas medium yang beroperasi dengan pesawat Boeing 737-500 winglet. Rute penerbangan NAM Air menuju Pulau Belitung bisa Anda pesan tiket pesawat online melalui Traveloka.

Jika tiket pesawat sudah dipesan, Anda tinggal mengatur destinasi tempat wisata yang akan Anda kunjungi di Pulau Belitung. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berwisata ke Pulau Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi
Belitung memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini menjadi terkenal semenjak kemunculannya dalam film Laskar Pelangi, sehingga menjadi salah satu ikon pariwisata di Belitung.

Pantai-pantai yang ada di Belitung memiliki ciri khas batu-batu granit berukuran besar dengan pasir pantai yang putih dan ombak yang tenang. Jika Anda ingin menghabiskan waktu untuk menenangkan pikiran sejenak dalam kesunyian sambil mendengar deru ombak yang lembut, maka Anda harus mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi.

Replika Sekolah Laskar Pelangi
Masih berhubungan dengan film Laskar Pelangi yang mengambil Belitung sebagai latar tempat, salah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika berwisata ke Belitung adalah replika sekolah dari film Laskar Pelangi.

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Gantong, Belitung Timur yang bisa ditempuh sekitar satu jam dari Tanjung Pandan. Replika sekolah ini benar-benar persis seperti yang ada di film, dibangun dengan kayu dan bagian dalamnya terdapat meja, kursi, dan papan tulis. Jika Anda mengunjungi replika sekolah ini, jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan momen di sini.

Manggar
Ketika Anda berlibur ke Belitung, jangan lupa untuk singgah ke Manggar. Manggar adalah sebuah kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Belitung Timur yang terletak kira-kira 15 kilometer dari Gantong. Kecamatan ini dikenal dengan sebutan kota 1001 warung kopi karena Anda bisa menemukan banyak sekali warung kopi di Manggar. Semua warung kopi yang ada di Manggar memiliki rasa kopi yang khas dan enak.

Berbeda dengan warung atau kedai kopi yang ada di kota-kota besar, warung kopi di Manggar memiliki desain yang sangat sederhana dan didominasi dengan perabotan berbahan kayu.

Rekomendasi menu yang harus Anda coba jika berkunjung ke warung kopi di Manggar adalah kopi O atau kopi hitam. Untuk bisa menikmati kopi-kopi tersebut, Anda cukup merogoh kocek mulai dari Rp5.000. Selain itu, Anda juga bisa membeli bubuk kopi yang dijual di warung untuk dijadikan oleh-oleh.

Danau Kaolin
Danau Kaolin berbeda dengan danau yang ada pada umumnya, karena danau ini memiliki permukaan danau berwarna biru terang yang dibingkai dengan daratan putih. Danau ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu kandungan mineral yang ada pada air danau yang sering dijadikan bahan pembuat kosmetik dan banyak orang yang percaya bahwa mandi atau mencuci muka di danau ini bisa mempercantik kulit.

Jika Anda memiliki hobi fotografi, Anda harus mengunjungi Danau Kaolin karena pemandangannya yang indah dan bisa menghasilkan foto yang sangat bagus untuk dibagikan di media sosial.

Pulau Lengkuas
Di Pulau Lengkuas, Anda bisa melihat keberadaan mercusuar peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh sejak berdirinya lebih dari satu abad lalu. Selain itu, Anda juga bisa naik ke puncak mercusuar untuk menikmati indahnya panorama laut dari ketinggian sambil mengambil banyak foto.

Pulau Lengkuas juga memiliki pantai yang indah dan dikelilingi dengan hamparan batu granit. Anda bisa menyebrang ke pulau ini dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Belitung yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa untuk melakukan pemesanan tiket pesawat secara online melalui Traveloka. Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dengan destinasi Belitung kapanpun dan dimanapun Anda mau selama ada gadget dan juga koneksi internet yang stabil. Jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media Traveloka untuk tahu informasi menarik mengenai promo-promo yang berlaku. (*)

#Pulau Belitung