Jumat, 11 Februari 2022 20:05

Pengertian tentang Asuransi Total Loss Only (TLO) dan Komprehensif untuk Kendaraan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Memiliki asuransi bisa meminimalisir dampak dan risiko atas hal buruk yang mungkin terjadi di masa mendatang, yang tentunya akan membuat Anda bisa menjalani hidup dengan jauh lebih tenang dan nyaman.

RAKYATKU.COM - Sudah mulai sadar pentingnya asuransi dalam aspek kehidupan Anda? Ya, asuransi menjadi hal yang penting di saat ini karena bisa menjadi instrumen jaminan pengaman bagi Anda di setiap kondisi apapun.

Memiliki asuransi bisa meminimalisir dampak dan risiko atas hal buruk yang mungkin terjadi di masa mendatang, yang tentunya akan membuat Anda bisa menjalani hidup dengan jauh lebih tenang dan nyaman. Tak salah jika kemudian banyak orang yang mulai mencari produk asuransi terbaik yang bisa dipilih, mulai dari asuransi Traveloka atau yang lainnya.

Jenis asuransi sendiri memiliki banyak ragam macamnya. Setiap perusahaan asuransi yang ada di Indonesia atau negara lain pastinya memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada marketnya, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan dan banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Khusus untuk asuransi kendaraan, setidaknya ada dua macam asuransi yang harus Anda ketahui, yaitu asuransi Total Loss Only atau TLO dan asuransi All Risk, yang juga dikenal sebagai asuransi komprehensif, meski menurut sejumlah pelaku asuransi sebutan tersebut dinilai kurang tepat untuk bisa menggambarkan jenis perlindungan yang ditawarkan.

Bagi yang ingin membeli asuransi untuk kendaraan, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan jenis asuransi ini. Namun, bukan hal yang mudah untuk memahami perbedaan dari dua asuransi tersebut.

Untuk membantu Anda mengetahui lebih jelas dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai dua jenis asuransi kendaraan tersebut, termasuk yang ditawarkan oleh Asuransi Traveloka, di bawah ini adalah sejumlah hal yang harus Anda ketahui dan pahami sebelum pada akhirnya Anda menjatuhkan pilihan memilih salah satu dari dua jenis asuransi tersebut.

Baca Juga : Pilih Asuransi Mobil Tepat Sesuai Kebutuhan, Perhatikan 4 Faktor Penting Ini

Berdasarkan Definisi
Asuransi komprehensif dan TLO memiliki dua pengertian yang berbeda. Dengan mengetahui pengertian dari dua jenis asuransi tersebut, Anda bisa memahami sedikit lebih jelas apa yang ditawarkan.

Berdasarkan definisinya, asuransi komprehensif sendiri memiliki pengertian sebagai asuransi kendaraan yang menawarkan perlindungan, yang cakupan pertanggungan atas kerugian mulai dari kerusakan sebagian hingga kehilangan dan kerusakan total. Untuk mendapatkan gambaran mudahnya, jika mobil Anda mengalami kerusakan ringan, misalnya tergores atau menyerempet benda lain yang mengakibatkan cat terkelupas atau baret, kerugian yang Anda alami akan ditanggung oleh jenis asuransi ini. Pun demikian jika mobil Anda mengalami kerusakan hebat, atau hilang karena dicuri pihak lain, pihak asuransi juga akan menanggung kerugian yang Anda alami.

Lalu bagaimana dengan Asuransi TLO? Asuransi jenis ini hanya akan menanggung kerugian yang Anda alami yang sifatnya sangat parah, alias kerusakan total. Contohnya, mobil Anda mengalami kerusakan besar saat kecelakaan, atau hilang karena pencurian, maka asuransi akan memberikan perlindungan finansial, dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati. Biasanya, total kerugian mencapai 75% atau lebih dari total nilai jual kendaraan Anda.

Lalu bagaimana dengan kerusakan kecil atau sedang, seperti tergores, baret, bemper penyok atau yang lainnya? Asuransi TLO tidak memberikan jaminan atas hal-hal tersebut.

Nilai Premi Masing-Masing Jenis Asuransi
Melihat cakupan tanggungan kerugian yang ditawarkan, nilai premi yang harus dibayarkan konsumen asuransi pun juga berbeda. Untuk yang membeli asuransi TLO, biasanya akan dibebani kewajiban membayar premi asuransi dengan nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang membeli asuransi komprehensif untuk kendaraannya.

Berapa nilainya? Biasanya, untuk asuransi TLO, nilai preminya ditetapkan 1 persen dari harga kendaraan yang Anda miliki per tahun. Sementara asuransi komprehensif, karena cakupan kerugian yang lebih luas, premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya juga lebih besar, yang biasanya mencapai 3,5 persen dari harga mobil.

Nilai Guna Masing-Masing Asuransi
Anda juga harus mengetahui cara penggunaan dua jenis asuransi ini. Untuk TLO, asuransi ini bisa digunakan untuk mobil dengan rentang usia 0 sampai 15 tahun. Sementara asuransi komprehensif biasanya hanya bisa digunakan untuk mobil yang usia pakainya di bawah lima tahun.

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari nilai jaminan yang ditawarkan dari masing-masing asuransi tersebut. Untuk usia mobil di atas lima tahun, biasanya ada biaya tambahan atau loading coat dengan nilai tertentu, yang menjadikannya kurang ekonomis untuk dipilih.

Syarat Penggunaan Masing-Masing Asuransi
Sudah tahu bahwa asuransi TLO dan komprehensif yang akan Anda pilih memiliki varian penggunaan, kan? Melihat dari jenis perlindungan yang ditawarkan, asuransi TLO bisa digunakan, tidak hanya untuk mobil Anda tapi juga untuk motor yang Anda miliki. Sementara asuransi komprehensif tidak selalu bisa digunakan untuk semua jenis motor.

Biasanya asuransi ini hanya akan ditawarkan untuk mereka yang menggunakan motor dengan kapasitas mesin yang besar, di atas 500cc dan memiliki harga jual di atas 50 juta rupiah. Tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku untuk pembelian asuransi jenis ini.

Dengan mengetahui perbedaan mendasar dari jenis dua asuransi kendaraan di atas, Anda bisa kembali mempertimbangkan dengan lebih baik membeli produk asuransi yang tepat untuk mobil Anda. Dengan demikian, budget yang Anda keluarkan untuk membeli asuransi bisa efektif dan bermanfaat, tidak hanya bagi Anda tapi juga untuk orang lain. Jadi, selamat memilih produk asuransi kendaraan yang tepat untuk mobil atau motor Anda! (*)

#Asuransi Kendaraan