Minggu, 06 Februari 2022 21:07

Nelayan Sulsel Kini Bisa Tangkap Ikan di Perairan Maluku

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Provinsi Maluku dalam sektor kelautan dan perikanan.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Provinsi Maluku dalam sektor kelautan dan perikanan.

Kerja sama ini menjadi kepastian hukum sekaligus memberikan perlindungan bagi seluruh nelayan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Provinsi Maluku tentang pengembangan empat sektor. Salah satunya dalam sektor kelautan dan perikanan.

Kerjasama tersebut berlangsung pada acara Forum Bisnis dan Investor yang digelar Pemprov Maluku di Makassar, Sulsel, Sabtu 5 Februari 2022.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, Sulkaf S. Latief menyampaikan, kerjasama tersebut mengenai perjanjian nelayan andon. Adalah nelayan yang melakukan penangkapan ikan di luar daerah asalnya baik secara tetap maupun tidak dalam kurung waktu tertentu. Artinya nelayan Sulsel dapat melakukan penangkapan di wilayah Maluku, serta sebaliknya.

Baca Juga : Soal Water Levy, Pemprov Sulsel : Telah Dibayarkan Setelah Proses Administrasi

"Iye nelayan Andon artinya nelayan sulsel atau Maluku dapat melakukan penangkapan diluar wilayahnya dengan memenuhi aturan yang ada," jelas Sulkaf, Minggu (6/2/2022).

Atas kerjasama itu, para nelayan mengaku bersyukur dan menyambut baik kerjasama kedua daerah tersebut.

Salah satunya diungkapkan oleh Ketua Aliansi nelayan Patorani, Rizal dg Sewang menuturkan, "kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur Sulawesi Selatan, bapak Andi Sudirman Sulaiman yang telah berhasil bekerjasama dengan Gubernur maluku demi kesejahteraan kami para nelayan," katanya.

Baca Juga : Dinas PKH Sulsel: 3.144 Ternak Sembuh dari PMK

Menurutnya, perjuangan Plt Gubernur Sulawesi selatan merupakan bukti nyata kepedulian dan dukungan tanpa batas untuk mempercepat kesejahteraan nelayan.

Sponsored by MGID

"Kerja sama ini menjadi kepastian hukum sekaligus memberikan perlindungan bagi seluruh nelayan, termasuk kami dari Nelayan patorani yang akan memasuki wilayah maluku,” ujarnya.

Dia menambahkan, kerjasama ini menjadi penanda terbukanya akses wilayah yang semakin luas bagi kami sebagai nelayan patorani untuk mencari sumber tangkapan ikan sebagai mata pencaharian di perairan maluku.

Baca Juga : Reklamasi Pulau Lae-Lae Segera Berjalan

“Kami seluruh nelayan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan mendoakan semoga Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mendapatkan berkah berlimpah dan senantiasa dalam lindungan Allah Subahanahu Wa Ta'ala, Aamiin,” tambahnya.

#Pemprov Sulsel #Kerjasama #Maluku #nelayan