Jumat, 04 Februari 2022 20:55

Maluku Baileo Exhibition Dimulai, Wagub Maluku Ungkap Alasan Makassar Jadi Kota Penyelenggara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembukaan Maluku Baileo Exhibition di Mal Ratu Indah (MaRI), Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/2/2022).
Pembukaan Maluku Baileo Exhibition di Mal Ratu Indah (MaRI), Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/2/2022).

Salah satunya Maluku ingin menjalin kerja sama dengan provinsi lainnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan mendorong kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas N. Orno, membuka secara resmi gelaran Maluku Baileo Exhibition di Mal Ratu Indah (MaRI), Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/2/2022).

Event yang akan berlangsung hingga Ahad (6/2/2022) ini menampilkan 250 produk dari 66 usaha mikro kecil menengah (UMKM) Provinsi Maluku.

Adapun produk yang dipamerkan di antaranya herbal, kuliner, kerajinan, fesyen, dan beragam potensi sumber daya alam (SDA) Maluku. Selain pameran, event ini juga diisi dengan fashion show, pertunjukan musik, games, hingga doorprize.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Barnabas mengatakan, Maluku Baileo Exhibition ini merupakan event yang memperkenalkan potensi yang dimiliki Maluku. Sulsel, tepatnya Kota Makassar, merupakan daerah pertama yang dipilih Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sebagai penyelenggara.

Ia mengaku memiliki alasan tersendiri hingga memilih Sulsel. Salah satunya Maluku ingin menjalin kerja sama dengan provinsi lainnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan mendorong kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Selain itu, kata dia, Sulsel telah jauh lebih berkembang dan memiliki sejumlah perusahaan besar. Barnabas berharap, Maluku bisa belajar lebih banyak kepada Sulsel dan ada kerja sama yang lebih konkret ke depannya. "Kami akan terus memperbaharui iklim investasi di Maluku," ujarnya.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari, mengapresiasi Pemprov Maluku yang melaksanakan Maluku Baileo Exhibition di Makassar. Ia berharap, ada tindak lanjut dalam bentuk kerja sama setelah pelaksanaan event ini.

"Kita harap ada tindak lanjut ke depannya. Tidak hanya sampai tahap ekshibisi ini saja," kata Ichsan.

Sementara, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), dalam sambutan selamat datangnya mengaku bangga karena Makassar dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition. Ia berharap, kerja sama antara Maluku dan Makassar bisa dirajut. Apalagi, pemerintah pusat telah mencanangkan jalur rempah.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

"Ada semangat yang harus kita rajut kembali, yakni semangat jalur rempah, yang telah dicanangkan pemerintah pusat," ucap Danny. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#Maluku Baileo Exhibition #Pemprov Maluku #Pemprov Sulsel #Mohammad Ramdhan Pomanto