Rabu, 02 Februari 2022 22:19

Menuju 70 Tahun KALLA

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tahun 2022, KALLA memasuki usia ke-70 tahun dengan semangat untuk terus aktif bersama dan maju bersama bangsa menumbuhkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan untuk Indonesia emas.
Tahun 2022, KALLA memasuki usia ke-70 tahun dengan semangat untuk terus aktif bersama dan maju bersama bangsa menumbuhkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan untuk Indonesia emas.

KALLA kini memasuki generasi keempat dengan kondisi unit bisnis yang terus mengalami perkembangan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahun 2022, KALLA memasuki usia ke-70 tahun dengan semangat untuk terus aktif bersama dan maju bersama bangsa menumbuhkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan untuk Indonesia emas.

KALLA kini memasuki generasi keempat dengan kondisi unit bisnis yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Kalla Toyota, Kalla Kars, Kalla Transport & Logistics, Kalla Lines, PT. Bumi Karsa, Kalla Inti Karsa, Kalla Aspal, Kalla Beton, Baruga Arinusa Development, Sekolah Islam Athirah, Institut Teknologi & Bisnis Kalla, PLTA Poso Energy, Bumi Mineral Sulawesi dan Malea Hydropower.

"Tahun ini adalah tahun yang bersejarah buat Kalla Group. Insyaallah di Oktober nanti, usia Kalla Group sudah 70 tahun. Secara perusahaan, Kalla Group sudah matang dan berjalan sudah dari generasi ke generasi," ungkap Solihin Jusuf Kalla, President Director Kalla Group.

Baca Juga : Kalla Future Leaders Hadir Lagi, TantangMahasiswa dan Fresh Graduate PecahkanBusiness Case Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Solihin merupakan generasi keempat di KALLA yang memimpin perusahaan sejak 2018. Ia mengungkapkan, setiap generasi pun selalu diawali dengan krisis, mulai dari Hadji Kalla ke Jusuf Kalla yang diterpa krisis 1965-1966 dan kepemimpinan Fatimah Kalla pada krisis 1998. Kemudian, Solihin sendiri menghadapi krisis pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah semuanya bisa keluar dan membuktikan bahwa ekonomi Sulawesi Selatan adalah ekonomi yang kuat dibandingkan daerah lain. Terima kasih kepada teman-teman media yang senantiasa memberikan berita positif untuk perusahaan dan ekonomi di Sulawesi Selatan," tuturnya.

Hariyadi Kaimuddin selaku Marketing & Business Development Director KALLA Group" href="https://rakyatku.com/tag/kalla-group">Kalla Group, mengungkapkan sejak awal KALLA didirikan, Spiritnya adalah maju bersama masyarakat. KALLA memiliki banyak unit bisnis, tetapi semuanya bermula dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah di masyarakat.

Baca Juga : Career Experience Day 2024, KALLA Hadirkan Berbagai Jalur Karir Bagi Mahasiswa dan Freshgraduate Untuk Menavigasi Dunia Kerja

Misal, dulu transportasi masih sangat sulit ditemukan, maka KALLA mencari kemudahan untuk transportasi dengan mendirikan NV Hadji Kalla (PT Hadji Kalla) yang menjual mobil Toyota.

Setelah itu, untuk kenyamanan bertransportasi, KALLA kembali membantu dengan menghadirkan perusahaan yang bisa membangun jalan melalui PT Bumi Karsa.

"Dari generasi ke generasi, perusahaan pun terus bertambah. Namun, bukan sekadar mau dapat untung, melainkan untuk mempelajari dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Semuanya pun related dengan bisnis yang ada. Kita sudah punya perusahaan konstruksi jalan, maka kita butuh bahan bakunya, didirikanlah PT Bumi Sarana Utama (Kalla Aspal)," ungkap Hariyadi.

Baca Juga : KALLA Raih Penghargaan Outstanding ESG dan Green Movement di Bali

Seiring dengan bertambahnya karyawan, KALLA lalu membangun perumahan. Dengan keahlian tersebut, KALLA selanjutnya ingin memberikan perumahan terbaik juga buat masyarakat, maka lahirlah Bukit Baruga. Perusahaan ini pun terus tumbuh berkembang dan bekontribusi untuk masyarakat.

"Ada juga sekolah dari TK sampai perguruan tinggi karena kita percaya bahwa pendidikan adalah salah satu motor utama masayarkat untuk bisa maju. Kemudian, ada juga perusahaan energi listrik. Seperti itulah bisnis yang menjadi values dari KALLA, bagaimana bisa membantu masyarakat," katanya.

"Kita juga menjawab kebutuhan masyarakat yang waktu itu Makassar sudah menjadi kota maju, tetapi belum memiliki mal. Makanya kita bikin mal pertama di Indonesia Timur, yaitu Mal Ratu Indah. KALLA selalu ada keinginan melayani masyarakat untuk tumbuh bersama," tutur Hariyadi.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

Sejak dulu, seluruh jiwa KALLA berfokus pada energi untuk memberi yang terbaik untuk bangsa. Menyejahterakan masyarakat dengan semangat berkarya dari Timur untuk Indonesia. KALLA tidak hanya hadir sebagai grup perusahaan, namun tumbuh bersama masyarakat dengan integritas untuk berkarya. Berpegang teguh pada lima pilar utama Jalan KALLA, yakni Kerja Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat, Lebih Baik dan Aktif Bersama.

Sejalan dengan Jalan KALLA, Aktif Bersama dan Maju Bersama membawa semangat kolaborasi dan sinergi yang telah membawa KALLA hingga kini mampu bertahan hingga 70 tahun lamanya. Kolaborasi dan sinergi semakin relevan dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis dan beragam,.

Mengacu pada desain logo 70 tahun KALLA, angka "7" sendiri melambangkan anak panah yang terus melesat untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan dan impian KALLA dalam membangun bangsa. Anak panah ini juga melambangkan salah satu nilai nilai Lebih Cepat-Lebih Baik dari nilai Jalan KALLA yang berarti semangat inovatif-solutif dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Cahaya Bone Layani Same Day Delivery, Barang Tiba Lebih Cepat

Anak panah yang diletakan dipinggir/samping angka "0" menunjukkan bahwa setiap langkah dan aktivitas yang dilakukan oleh KALLA senantiasa membawa visi dan misi yang besar dan mulia bagi kesejahteraan bangsa.

Kemudian, angka "0" melambangkan visi dan misi KALLA yang telah menjadi arus utama setiap perusahaan dalam bergerak dan bertumbuh. Visi dan misi ini kemudian diformulasikan bahwa KALLA terus berproses menjadi kelompok bisnis terbaik di Indonesia dan menjadi panutan dalam pengelolaan bisnis yang profesional dan berkelanjutan.

Angka "0" dibuat lebih tinggi menandakan bahwa KALLA mempunyai tujuan besar dan mulia bagi kesejahteraan bangsa.

Baca Juga : Cahaya Bone Layani Same Day Delivery, Barang Tiba Lebih Cepat

Sementara itu, Achmad Sugiarto selaku Chief Strategy and Technology Officer Kalla Group mengungkapkan, saat ini mengembangkan sebuah sistem cloud digital dengan spirit Aktif Bersama Maju Bersama.

Sistem ini hadir memberikan beragam kemudahan untuk berbagai lini bisnis dibawah naungan Kalla Group dan dapat digunakan oleh industri yang membutuhkannya.

“Cloud digital ini dalam roadmap, memberikan peran penting dalam pengembangan minimal 7 ekosistem Kalla Group. Saat ini, bahkan beragam solusi untuk industri juga telah kami siapkan, baik infrastruktur juga solusi seperti manajemen Human Capital, Enterprise Risk Management, Internal Audit System, hingga Quality Heathy Safety Environment,” ungkap Achmad Sugiarto.

Baca Juga : Cahaya Bone Layani Same Day Delivery, Barang Tiba Lebih Cepat

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Kalla Group, masyarakat dapat berkunjung ke Instagram @KallaGroup, Facebook Fanpage di Kalla Group, Twitter di @KallaGroup_ID, dan Youtube Channel di Kalla Group. Atau dapat menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group #toyota kalla #Kalla