Rabu, 02 Februari 2022 18:11

Bagian dari Komitmen Duo Amran, Pemkab Wajo Bangun Enam Sports Area di Kecamatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wujud sports area yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo. Sports area akan dibangun di tiap kecamatan.
Wujud sports area yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo. Sports area akan dibangun di tiap kecamatan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Wajo, Dahniar Gaffar, mengatakan pembangunan sports area tetap dilakukan meskipun wabah COVID-19 mulai melanda pada awal 2020.

RAKYATKU.COM, WAJO - Tiga tahun kepemimpinan Bupati Wajo dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, deretan program kerja nyata telah membuahkan hasil dan dinikmati masyarakat. Satu di antaranya kehadiran sports area atau area olahraga di sebagian kecamatan.

Sports area di tiap kecamatan masuk dalam Wajo Maju yang termuat dalam 25 program kerja nyata pasangan kepala daerah dengan sebutan Duo Amran itu.

Sejak pelantikannya pada 15 Februari 2019 lalu, program ini telah telah dirancang. Eksekusi pembangunnya kemudian dimulai pada 2020 lalu. Meski kemudian pada perjalanannya, dunia dihantam pandemi COVID-19, sehingga sebagian anggaran di-recofusing sesuai instruksi pemerintah pusat.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Wajo, Dahniar Gaffar, mengatakan pembangunan sports area tetap dilakukan meskipun wabah COVID-19 mulai melanda pada awal 2020.

"Tahun 2020 kita hanya bisa bangun di satu kecamatan saja, yaitu Kecamatan Bola. Hal ini disebabkan karena pada awal 2020 anggaran kita mulai di-refocusing untuk penanganan COVID-19," kata Dahniar, Selasa (2/2/2022).

Berkat perhatian langsung Bupati dan Wakil Bupati Wajo, pembangunan yang sedikit terhambat karena pandemi, hingga akhir 2021 sudah ada enam sports area telah dibangun di kecamatan.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Wajo ini melanjutkan, pada 2021 barulah bisa dialokasikan untuk kecamatan lainnya.

"Alhamdulillah, tahun 2021 kita bangun sports area di lima kecamatan yaitu, Kecamatan Belawa, Gilireng, Pammana, Sabbangparu, dan Sajoanging dengan total anggaran Rp1,3 miliar. Untuk kecamatan yang lain, kita akan upayakan sesuai dengan kemampuan penganggaran," beber Dahniar.

Dahniar menuturkan, memang salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo di bawah kendali Duo Amran adalah bagaimana pengembangan kepemudaan dan olahraga.

Baca Juga : Kunjungan Kerja di Wajo, Menteri PPPA Monitoring dan Evaluasi Praktik Baik Pencegahan Perkawinan Anak

"Bahkan, atas perjuangan dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta dukungan dari anggota DPRD kita untuk mengomunikasikan ke pusat terkait pengembangan kepemudaan dan olahraga, tahun 2020 Wajo pernah dijanjikan akan dibangun gedung olahraga dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Namun, saat itu karena pandemi, anggarannya di-refocusing sehingga program tersebut di-pending," ucapnya.

Namun, Dahniar mengaku pihaknya terus berupaya menjalin komunikasi dengan pusat agar program pembangunan untuk Wajo bisa diberikan kembali.

"Tentu kita berharap dukungan semua pihak untuk membantu mengomunikasikan. Khususnya para anggota DPR RI kita yang menjadikan Wajo sebagai dapilnya," harapnya. (*)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud