Selasa, 01 Februari 2022 20:00

Hasil Sidak Propam Polda, Tahanan Tidur di Ruang Unit Reskrim Bukan di Sel

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Giat inspeksi mendadak (sidak) Propam Polda Sulsel
Giat inspeksi mendadak (sidak) Propam Polda Sulsel

"Kami sudah perintahkan Kapolseknya untuk memeriksa yang bersangkutan"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bidang Propam Polda Sulsel melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Polsek Jajaran Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan, Polres Gowa dan Polres Maros. Sidak dilkukan untuk menindaklanjuti arahan dan instruksi Kadiv Propam Polri.

Sidak ini dilakukan dalam rangka pengamanan dan pengawasan perayaan tahun baru Imlek 2022 yang dilakukan sejak Senin 31 Januari pagi sampai 1 Februari dini hari.

"Kita telah melakukan sidak di beberapa Polsek jajaran Polda Sulsel untuk mitigasi pencegahan pelanggaran disiplin dan kode etik Polri serta kesiapsiagaan anggota," kata Kabid Propam Polda Sulsel, Kombes Pol Agoeng Adi Koerniawan pada Selasa (1/2/2022).

Baca Juga : Polda Sulsel Siapkan Pengawasan Ketat Distribusi BBM Jelang Lebaran

Adapun kantor polisi yang disidak di antaranya Polsek Rappocini, Panakkukang, Tamalanrea, Polsek Wajo, Polsek Pelabuhan Soekarno Hatta, Pallangga, Mandai dan ruang tahanan narkoba Polrestabes Makassar.

Dari sidak tersebut pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran diantaranya pengawasan piket, seragam, atribut, administrasi tahanan, kebersihan kantor, penggunaan senjata api hingga anggota yang tidur saat piket.

"Ditemukan adanya pelanggaran dan tidak optimalnya peran Kapolsek dalam melakukan pengawasan terhadap bawahannya sehingga tugas dan tanggungjawab personel yang bertugas tidak maksimal dan dapat merusak citra dan martabat institusi Polri," katanya.

Baca Juga : Perampok Rumah Mewah Ditangkap Unit Jatanras Polrestabes Makassar

Setelah sidak tersebut, Agoeng menyampaikan agar Kapolres, Kapolsek, Kasi Propam meningkatkan pengawasan serta memberikan arah ke bawahan agar memahami tugas dan tanggungjawabnya. Pasalnya dari sidak tersebut juga ditemukan tahanan yang tidur di luar sel tahanan.

"Kami juga temukan ada dua orang tahanan di Polsek Pallangga yang tidur di luar ruangan tahanan atau tidur di ruang Unit Reskrim. Kami sudah perintahkan Kapolseknya untuk memeriksa yang bersangkutan," sebutnya.

 

#Polda Sulsel #bidang propam #Tahanan narkoba