Jumat, 28 Januari 2022 18:58

Mentan SYL Tekankan Peran Penelitian untuk Kemajuan Pertanian

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada orasi pengukuhan tiga profesor riset di Kementerian Pertanian (Kementan) di Bogor, Jumat (28/1/2022).
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada orasi pengukuhan tiga profesor riset di Kementerian Pertanian (Kementan) di Bogor, Jumat (28/1/2022).

Mentan SYL menjelaskan profesor riset memiliki peran penting dalam keberhasilan program dan kemajuan pertanian.

RAKYATKU.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), menegaskan peran penelitian pertanian dan eksitensi profesor riset bidang pertanian menjadi salah kunci keberhasilan program dan kemajuan pertanian.

Pasalnya, berbagai terobosan pembangunan pertanian di antaranya adalah upaya peningkatan produktivitas dan produksi, pengembangan produk bernilai ekonomi tinggi serta mitigasi berbagai tantangan dapat diprediksi dan dilakukan pendekatan melalui riset, inovasi teknologi, rancangan kelembagaan dan kebijakan yang dihasilkan secara tepat.

"Hari ini kita sangat bersyukur, ada tiga profesor riset yang dikukuhkan dan makin banyak profesor makin bagus, riset makin kuat. Indonesia dikaruniai alam khususnya sumber daya pertanian yang subur dan luar biasa sehingga dukungan riset itu sangat penting, sebab menjadi salah satu kunci mewujudkan targetkan ke depan bahwa pertanian kita masuk dalam 5 besar terbesar dunia," kata Mentan SYL pada orasi pengukuhan tiga profesor riset di Kementerian Pertanian (Kementan) di Bogor, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga : Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Lebih lanjut Mentan SYL menjelaskan profesor riset memiliki peran penting dalam keberhasilan program dan kemajuan pertanian. Sebab, profesor riset yang dapat secara presisi tahu tentang penggunaan varietas benih, pemupupukan, pakan ternak, penanganan serangan hama dan cara-cara modern lainnya yang dapat meningkatkan produktivitas, produksi dan pendapatan petani hingga menaikkan ekspor.

"Apalagi dengan adanya climate change, jangan sampai kita impor pangan. Bayangkan kalau populasi sapi kita turun drastis dan kita impor dari Australia hingga 80 persen, ini bahaya buat negara ini. Karena itu, saya butuh profesor riset yang dapat berpikir maju ke depan dan hasil risetnya dapat diterapkan sehingga pertanian kita semakin kuat di tengah berbagai tantangan," jelasnya.

"Saya pun berharap profesor riset dapat juga membangun kelembagaan dan hilirisasi pertanian yang kuat. Mudah-mudahan dalam waktu 3 bulan sampai 6 bulan ke depan, profesor riset dapat menemukan dan meninggalkan inovasi dan terobosan baru karena dunia saat ini membutuhkan pangan yang sehat. Ini menjadi tantangan kita," imbuh Mentan SYL.

Baca Juga : Irjen Kementan Jebolan KPK Naik Pangkat Bintang Tiga

Adapun tiga profesor riset yang dikukuhkan, yakni Prof. NLP Indi Dharmayanti bidang kepakaran kedokteran hewan, Prof. Atien Priyanti bidang ekonomi pertanian, dan Prof. Muhammad Azrai bidang pemuliaan dan genetika tanaman.

Pengukuhan ini adalah pengukuhan profesor riset ke 160, 162, dan 163 di lingkungan Kementan. Sementara, saat ini di Kementan memiliki 58 orang profesor riset aktif dari total 1.581 peneliti. (*)

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo