Jumat, 28 Januari 2022 17:27

Raih Gelar Doktor, Putra Enrekang Dapat Apresisasi dari Unnes

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sidang promosi Dr. Irwan, S.H., M.Mar.E., M.Pd. dilaksanakan secara virtual dan luring, Jumat (27/1/2022).
Sidang promosi Dr. Irwan, S.H., M.Mar.E., M.Pd. dilaksanakan secara virtual dan luring, Jumat (27/1/2022).

Irwan yang juga pernah menjabat sebagai Direktur PIP Makassar (2017-2018) dan PIP Semarang (2018-2019), mengakui tidak mudah untuk mencapai gelar doktor ini.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Putra asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. Irwan, S.H., M.Mar.E., M.Pd., berhasil mengukir prestasi setelah mempertahankan hasil penelitiannya di depan Dewan Penguji dalam Sidang Promosi Doktor di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jumat (28/01/2022). Sidang promosinya ini dilaksanakan secara virtual dan luring.

Di tengah-tengah kesibukannya yang padat sebagai Direktur Poltektans SDP Palembang, Irwan berhasil menyesalaikannya studi doktoralnya dalam waktu tiga tahun empat bulan. Adapun penelitiannya berjudul, "Pengembangan Model Manajemen Pola Asuh dan Pembangunan Karakter Taruna Berbasis Lima Citra Manusia Perhubunga."

Irwan yang juga pernah menjabat sebagai Direktur PIP Makassar (2017-2018) dan PIP Semarang (2018-2019), mengakui tidak mudah untuk mencapai gelar doktor ini. Sebab, ia harus mengatur waktunya secara ketat. Bahkan, harus rela kehilangan banyak family time.

Baca Juga : Sekda Kota Makassar Lepas Peserta Jalan Sehat HUT ke - 85 HIKMA

"Selain berdisiplin, saya juga harus rela kehilangan banyak momen family time. Namun, saya bersyukur memiliki keluarga, istri, dan anak-anak yang begitu pengertian dan selalu memberi support. Meraka adalah spirit, separuh hidup saya," ucap Irwan.

Atas keberhasilannya ini, Irwan mendapat apresiasi dari Dewan Penguji dengan memberinya predikat Sangat Memuaskan.

Prof. Dr. S. Martono, M.Si., selaku promotor pun memberikan pujian terhadapnya. Menurut Wakil Rektor II Unnes ini, Irwan adalah sosok yang konsisten dan ingin mendengar perdapat orang lain. Buktinya, ia mengikuti semua arahan tim promotor selama proses penelitian.

Baca Juga : Dikerjakan Tahun Ini, Rekonstruksi Jalan Poros Enrekang-Pinrang Sedang Lelang

"Promovendus selama bimbingan, meski sangat sibuk, ia sangat kooperatif dan konsisten. Pesan saya, tolong lupakan yang kurang berkenan selama proses bimbingan dan kenang yang manisnya saja," tuturnya.

Prof. Dr. Abdul Hamsu Gani, M.Pd., Direktur Pascasarjana, yang juga hadir selaku penguji ekstenal juga menyebut Irwan sebagai tipikal orang yang tidak mudah menyerah dan selalu ingin belajar.

"Promovendus adalah orang yang visioner dan selalu ingin belajar hal baru. Ini terlihat pada penelitiannya ini yang ingin memberi perubahan dalam penyelenggaraan pengasuhan di institusinya. Semoga disertasi ini memberi sumbangan bagi instansi tempat kerja Anda," ungkapnya. (*)

#Universitas Negeri Semarang #enrekang