Kamis, 27 Januari 2022 19:21

Kenapa Asuransi Mobil Cukup Penting? Simak 5 Manfaatnya!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Selain bisa membantu Anda untuk perbaikan mobil, masih banyak manfaat yang didapatkan jika mendaftarkan asuransi pada mobil Anda.

RAKYATKU.COM - Masyarakat Indonesia masih memandang sebelah mata tentang asuransi mobil. Banyak dari mereka yang mengabaikan dan tidak mendaftarkan asuransi untuk kendaraan. Padahal memiliki asuransi mobil banyak manfaatnya.

Setiap hari pasti ada kecelakaan mobil, baik itu ringan maupun berat yang menyebabkan kerusakan dan tentunya membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Dengan memiliki asuransi mobil, Anda bisa sedikit terbantu masalah perbaikan kerusakan mobil.

Asuransi sendiri adalah sebuah kesepakatan antara dua belah pihak, yaitu pihak penanggung dan tertanggung. Di mana pihak tertanggung akan menerima premi asuransi. Sementara itu, pihak penanggung akan bertanggung jawab bila terjadi kerugian pada mobil.

Selain bisa membantu Anda untuk perbaikan mobil, masih banyak manfaat yang didapatkan jika mendaftarkan asuransi pada mobil Anda.

Meringankan Biaya Perbaikan atas Kerusakan Mobil
Manfaat utama dari mendaftarkan asuransi pada mobil Anda adalah meringankan biaya perbaikan atas kerusakan mobil. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika risiko kecelakaan di Indonesia cukup tinggi. Dengan begitu, risiko kerusakan mobil pribadi sangat mungkin terjadi.

Beberapa jenis asuransi juga bersedia mengganti kerugian karena kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, seperti banjir yang sering menyerang ibu kota. Banyak mobil yang dilaporkan rusak karena banjir dan biaya perbaikannya tidak murah, antara Rp2 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Meskipun tidak semua jenis asuransi bisa menutup seluruh biaya perbaikan, setidaknya Anda tidak harus membayar seluruh biaya kerugian jika memiliki asuransi mobil. Tabungan Anda akan terselamatkan.

Ada dua jenis asuransi mobil yang wajib Anda ketahui, yaitu all risk yang dapat membantu perlindungan pada semua jenis kerusakan yang terjadi dan Total Loss Only (TLO) yang memberikan jaminan perbaikan hingga lebih dari 75 persen dari harga jual mobil.

Pelajari tentang asuransi mobil lebih dalam agar Anda tidak salah memilih jenis asuransi dan mendapatkan manfaat secara optimal.

Tanggung Jawab Pada Pihak Ketiga
Terkadang, kecelakaan mobil tidak hanya merugikan pihak pemiliknya, melainkan orang lain yang terlibat. Dengan memberikan proteksi tambahan saat mengajukan asuransi mobil di awal, dengan biaya premi lebih, maka ada tanggung jawab tambahan yang diberikan pihak asuransi untuk mengganti biaya kerugian pihak lain yang terlibat kecelakaan.

Cara ini tentu akan membantu keuangan Anda jika hal buruk menimpa. Anda tidak harus mengeluarkan tabungan karena ada pihak asuransi yang bersedia membantu bertanggung jawab.

Jaminan Perlindungan Atas Kehilangan Mobil
Pencurian bisa saja terjadi di mobil Anda, meskipun memang kasus ini cukup jarang terjadi. Namun, tidak ada yang tahu momen kurang menyenangkan setiap orang. Salah satu manfaat asuransi mobil yang masih jarang diketahui masyarakat adalah adanya perlindungan pada pencurian mobil.

Harga beli mobil yang tidak murah bisa ditanggung pihak asuransi jika Anda mengalami kerugian karena kehilangan kendaraan. Pastikan asuransi yang Anda pilih menanggung kerugian ini jika dirasa Anda membutuhkan.

Misalnya, jika Anda memiliki usaha rental mobil, sangat penting untuk mendaftarkan mobil Anda dengan asuransi yang menjamin kehilangan. Usaha rental mobil memang sering mengalami kehilangan atau mobil dibawa kabur oleh orang yang meminjam.

Memberikan Perlindungan Tambahan Sesuai Kebutuhan
Tidak hanya manfaat-manfaat utama seperti penggantian atas kerugian akibat kecelakaan mobil, namun Anda juga bisa mendapatkan perlindungan tambahan. Tentunya dengan menambah jenis perlindungan, biaya premi yang harus dibayarkan lebih mahal.

Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi di lingkungan Anda, jika lingkungan rumah Anda sering terjadi banjir maka ajukan perlindungan tambahan mengenai perlindungan kerusakan mobil akibat banjir. Ada banyak tambahan perlindungan yang bisa Anda dapatkan, seperti fasilitas derek saat mobil mogok tiba-tiba, bantuan menemukan bengkel terdekat, perlindungan atas kebakaran mobil, dan masih banyak lagi lainnya.

Kemudian, Anda bisa juga mendapatkan bantuan keringanan akan mobil rental dari pihak asuransi karena mobil pribadi sedang diperbaiki. Maksudnya adalah saat mobil Anda sedang berada di bengkel maka pihak asuransi akan meminjamkan mobil rental sesuai dengan ketentuan awal yang sudah disepakati bersama.

Menyelamatkan Tabungan
Biaya perbaikan mobil tidaklah sedikit, untuk memperbaiki kerusakan karena kecelakaan mobil bisa membutuhkan puluhan juta rupiah. Kerugian yang terjadi karena banjir atau kehilangan memberikan dampak yang sangat terasa pada keuangan Anda, tabungan Anda bisa jadi langsung habis untuk biaya perbaikan.

Apabila Anda masih ingin menyelamatkan tabungan masa depan Anda, maka daftarkan asuransi pada mobil Anda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Bayar premi secara rutin dan Anda akan merasa lebih aman dari segala bentuk kerugian mobil.

Inti dari manfaat memiliki asuransi pada kendaraan adalah melindungi finansial pemilik mobil. Anda juga akan mendapatkan jenis bantuan lainnya, sehingga tidak akan kebingungan jika mengalami kecelakaan karena ada pihak yang bertanggung jawab.

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan mobil Anda asuransi dan jangan lupa untuk mengajukan perlindungan tambahan sesuai kemampuan keuangan dan kebutuhan. Kini, memiliki asuransi terasa lebih mudah lewat

Traveloka Lifestyle SuperApp. Proses yang mudah dan jaminan perlindungan yang bisa diandalkan membuat Anda menjadi lebih tenang saat berkendara. (*)

#Finansial #Manfaat Asuransi