Rabu, 26 Januari 2022 16:18

Ketua MWA Unhas: Pilrek Unhas adalah Wajah Indonesia, Layak Jadi Contoh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat persiapan proses pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA). Rapat berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (25/1/2022).
Rapat persiapan proses pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA). Rapat berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (25/1/2022).

Ketua MWA Unhas, Sjafruddin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja optimal pada berbagai tahapan. Dia berharap pelaksanaan proses pemilihan berlangsung lancar hingga terpilihnya rektor Unhas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Universitas Hasanuddin (Unhas) periode 2022-2026 menggelar rapat persiapan proses pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA). Rapat berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (25/1/2022).

Rapat dihadiri Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas, Sjafruddin, beserta ketua dan seluruh anggota P2R. Hadir pula Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu, dan Ketua Senat Akademik Dadang Ahmad Suriamihardja.

Dalam pengantarnya, Ketua P2R Unhas, Syamsul Bachri, menjelaskan proses dan tahapan pemilihan serta berbagai persiapan teknis. Dalam pelaksanaannya nanti akan dihadiri oleh seluruh anggota MWA yang berjumlah 19 orang.

Baca Juga : Unhas Terima Anugerah Perguruan Tinggi Informatif dari Komisi Informasi Pusat

"Sesuai ketentuan, hanya 17 anggota MWA yang mempunyai hak suara dalam pemilihan. Mendikbudristek adalah anggota MWA dengan bobot suara 35 persen dari total. Kami telah berkonsultasi dengan Kementerian, dimana konversi suara menteri setara dengan 9 suara. Artinya, seluruh suara adalah 16 ditambah 9 menjadi 25 suara," kata Syamsul.

Proses pemilihan akan diawali dengan pemaparan kertas kerja oleh tiap calon. Kemudian akan berlangsung sesi tanya jawab dari anggota MWA.

"Kita menyepakati acara pemaparan visi misi akan dipandu oleh Prof. Irawan Jusuf. Seluruh anggota MWA telah mengkonfirmasi kehadirannya. Sementara menteri akan diwakili oleh Kepala Biro SDM Kemendikbudristek," kata Syamsul.

Baca Juga : PT Vale dan Unhas Jalin Kerja Sama Strategis Bidang Riset dan Pendidikan

Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, memberikan apresiasi terhadap rangkaian proses pelaksanaan pemilihan. Menurutnya, para calon merupakan orang-orang terbaik yang telah berhasil mencapai tahapan tersebut. Dirinya berharap, rektor baru kedepan akan makin membawa Unhas menjadi lebih baik.

"Saya sangat bangga karena proses pemilihan rektor berlangsung sangat tenang dan suasana sangat kondusif. Memang ada dinamika, tetapi masing-masing calon menunjukkan karakter tokoh dan kepemimpinan yang santun," kata Dwia.

Sementara itu, Ketua MWA Unhas, Sjafruddin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja optimal pada berbagai tahapan. Dia berharap pelaksanaan proses pemilihan berlangsung lancar hingga terpilihnya rektor Unhas.

Baca Juga : BPKP Goes to Campus Ajak Mahasiswa Unhas Kawal Akuntabilitas Pembangunan Daerah

"Saya memantau terus proses oleh P2R. Dalam penilaian saya, panitia telah bekerja sangat optimal, menjaga demokrasi, dan mempertahankan sikap obyektif. Ini adalah model Indonesia yang seharusnya menjadi percontohan di tanah air," kata Sjafruddin.

Sjafruddin menegaskan siapa pun rektor terpilih merupakan pilihan terbaik yang memiliki komitmen berkontribusi untuk Unhas. (*)

#Pilrek Unhas #Universitas Hasanuddin