Rabu, 26 Januari 2022 11:28

PNUP Luncurkan Pendaftaran Mahasiswa Baru Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran pendaftaran mahasiswa baru Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) dirangkaian dengan rapat kerja tahunan (RKT).
Peluncuran pendaftaran mahasiswa baru Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) dirangkaian dengan rapat kerja tahunan (RKT).

Wakil Direktur 1, Ahmad Zubair Sultan, yang meluncurkan pembukaan pendaftaran Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) Jurusan Teknik Mesin. Pendaftaran mulai 24 Januari hingga 26 Februari 2022.

RAKYATKU.COM - Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) meluncurkan pendaftaran mahasiswa baru Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) dirangkaian dengan pelaksanaan rapat kerja tahunan (RKT).

RKT dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin, Rusdi Nur, untuk tahun anggaran 2023 yang berlangsung di Kampus 1 PNUP, 24--25 Januari 2022.

Hadir membuka RKT pada hari pertama, Senin (24/01/2022), Direktur PNUP, Muhammad Ansar. Pada hari pertama juga pembagian tiga komisi untuk membahas program kerja pada tahun anggaran 2023.

Adapun tiga komisi tersebut adalah komisi A membahas pembelajaran, kemahasiswaan, dan alumni. Komisi B membahas tata kelola, kelembagan, dan sumber daya. Lalu, komisi C membahas perencanaan, kerja sama, dan sistem informasi.

Pada hari kedua, Selasa (25/01/2022), pelaksanan rapat pleno membahas program kerja yang telah disusun oleh tiap komisi pada hari pertama. Dosen dan staf yang menjadi peserta rapat antusias memberikan pertanyaan dan masukan pada saat rapat pleno.

Pada akhir acara yang sekaligus penutupan, Wakil Direktur 1, Ahmad Zubair Sultan, meluncurkan pembukaan pendaftaran MTRTM Jurusan Teknik Mesin. Pendaftaran mulai 24 Januari hingga 26 Februari 2022.

Dia menyampaikan, izin penyelenggaraan prodi S2 terapan pertama di PNUP ini telah terbit dan sudah ada di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dikti. Dengan begitu, tidak ada lagi kendala untuk menerima mahasiswa baru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang akan dilaksanakan mulai 14 Maret 2022 nanti.

Prodi MTRTM ini selain S2 terapan pertama di PNUP juga merupakan S2 terapan pertama di luar Pulau Jawa dalam bidang manufaktur. MTRTM Jurusan Teknik Mesin ini diharapkan mampu mendukung kebangkitan manufaktur di Indonesia tengah dan timur.

Ada tiga bidang keahlian yang ditawarkan, yakni desain dan manufaktur, metalurgi dan material, serta mekatronika dan kontrol. Tiap bidang keahlian sudah memiliki dosen yang bergelar doktor dan profesor.

Adapun gelar yang akan didapatkan oleh alumni MTRTM Jurusan Teknik Mesin PNUP sesuai dengan Permendikbud Nomor 154 Tahun 2014 adalah M.Tr.T. (Magister Terapan Teknik). (*)

#Politeknik Negeri Ujung Pandang